Wakil Wali Kota Kupang Pimpin Rombongan BPBD ke Sorong

0
170
Wakil Wali Kota Kupang dr. Hermanus Man /Insert Photo : Yos

Kobarpapua. com, Sorong – Pemerintah Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur sangat responsif terhadap kegiatan akbar yang diadakan Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BPBN) yang dipusatkan di Kabupaten Sorong Provinsi Papua Barat, tanggal 23-26 Oktober 2017.

Pemkot Kupang ikut ambil bagian karena sangat berkenaan dengan upaya mengurangi risiko bencana.  Karena merasa kegiatan ini amat penting, Pemkot Kupang mengirim 15 orang yang dipimpin langsung oleh wakil wali Kota Kupang dr. Hermanus Man. “Saya membawa rombongan dari badan penanggulangan daerah Kota Kupang sebanyak 15 orang.

Kehadiran kami untuk melihat dan belajar tentang penanggulangan bencana alam dari daerah lain termasuk Sorong, tentang bagaimana upaya pemerintah dan masyarakat dalam mengurangi resiko bencana. Karena daerah NTT dan Papua Barat hampir sama dalam arti daerah langganan bencana,”terang wakil wali kota Kupang saat ditemui di salah satu Restoran di Kota Sorong, Senin (23/10/2017) malam.

Selain itu,  lanjutnya lagi, kehadiran pemkot Kupang untuk bertukar pikiran dengan peserta dari daerah lain di Indonesia. Karena ajang ini melibatkan BPBD kabupaten kota di seluruh Indonesia.

Ia menuturkan bahwa selain Kota Kupang peserta dari NTT lainnya adalah kabupaten Rote Ndao, Sumba, dan beberapa kabupaten dari daratan Flores ikut ambil bagian. “Jadi peserta dari NTT ada sebanyak 50 atau 60-an orang,”beber Herman.  Dicecar mengenai kesannya terhadap Sorong, Herman yang baru pertama menginjakkan kakinya di Sorong ini mengaku nama Sorong tidak asing  baginya. “Bagi saya nama Sorong tidaklah asing, saya sudah tau dan dengar namanya.

Khusus Kota Sorong saya lihat daerahnya maju sekali,  daerah ini berkembang cepat karena sektor jasa dan perdagangan. Ekonomi daerah tumbuh dan berkembang dari dua sektor ini,”ungkapnya serius. Karena itu lanjut Herman, kehadirannya di Sorong sekaligus sebagai penjajakan agar ke depan dibuka akses kerja sama antar kedua daerah, kota Kupang dan Kota Sorong.

“Kita lihat bidang mana yang berpotensi nanti kerja sama dibidang itu,”pungkas Herman. Selain itu, pihaknya akan merintis kerja sama dengan kabupaten Sorong, karena wakil bupati Sorong Suka Harjono adalah teman lamanya.  “Saya dengan pak Wakil Bupati Sorong akan mengadakan pertemuan, mungkin ada peluang untuk kerja sama ke depan, “tutup Wakil Wali Kota Kupang itu. (YOS/KP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Isikan komentar Anda disini
Isikan nama Anda disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.