Wakil Bupati Sorong Lantik 7 Kepala Kampung di Distrik Moisigin

0
115
Wakil Bupati Sorong, Suko Hardjono, S.Sos, M.Si melantik 7 Kepala Kampung di Distrik Moisigin - Kabupaten Sorong / Insert Photo : Erick T

Kobarpapua.com, Aimas ( Kabsor) – Bertempat di Balai Pertemuan Kampung Klafdalim Distrik Moisigin Kabupaten Sorong, Wakil Bupati Sorong Suko Harjono, S.Sos, M.si, melantik secara resmi tujuh kepala kampung di Distrik Moisigin Kabupaten Sorong, Jumat, 04 Mei 2018.

Ketujuh kepala kampung yang dilantik berasal dari Kampung Klafdalim, Klaforo, Klasof, Klasari, Ninjemur, Klawoton, dan Wonosobo. Turut hadir tokoh adat, tokoh masyarakat, Kapolsek Moisigin, Danramil Moisigin, perwakilan bagian pemerintahan Setda Kabupaten Sorong, instansi terkait, serta warga masyarakat diwilayah distrik moisigin.

Bupati Sorong dalam sambutan yang sampaikan oleh Wakil Bupati Sorong mengharapkan agar ketujuh kepala kampung dapat bekerja dengan baik sesuai sistem dan prosedur . Dimana acuan pemerintah Kabupaten Sorong saat ini dalam melantik kepala kampung yang baru berpedoman pada Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 dan  PP No. 43 Tahun 2014 tentang tata pelaksanaan pemerintahan kampung.

Wakil Bupati tak lupa juga menghimbau agar nantinya para kepala kampung mampu mengelola dan mempergunakan dana desa dengan baik serta berpedoman pada Peraturan Menteri Kemendesa (Permendes No. 19 Tahun 2017) tentang alokasi prioritas penggunaan dana desa. Sehingga masalah-masalah akibat penyalahgunaan dana desa dapat dihindari.

Selain itu Wakil Bupati juga mengharapkan agar warga masyarakat juga melakukan kontrol sosial dan bersama-sama pemerintah kampung membangun daerahnya.

Lanjut Wakil Bupati, secara maksimal pengusaha asli Papua untuk bersama-sama pemerintah membangun Papua terutama dalam bidang usaha dan perekonomian agar orang asli Papua dapat menjadi tuan diatas tananhnya sendiri namun tetap mengacu pada ketentuan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

Diharapkan konfrensi daerah KAPP Kabupaten Sorong mampu mendorong pengusaha asli papua untuk fokus pada program-program bermanfaat yang dapat mengembangkan dan mengangkat harkat martabat orang asli papua dalam bidang perekonomian khususnya di Kabupaten Sorong.  Selain itu Wakil Bupati juga menyampaikan bahwa Pemerintah propinsi Papua Barat saat ini sedang berjuang untuk mengeluarkan kebijakan berdasarkan Peraturan Presiden mengenai keberpihakkan pemerintah yang mengatur tentang nilai Rp. 500.000.000 – 1.000.000.000;  pengadaan barang dan jasa tanpa melalui proses tender khusus untuk pengusaha asli papua.

Sementara Kepala Kampung yang dilantik adalah Louis J. Wanma (Kampung Klafdalim), Marthen Niwerai (Kampung Klaforo), Supar (Kampung Klasari), Suwardi (Kampung Klasof), Yunus Herman Satya (Kampung Klawoton), Yulius Mansinau (Kampung Ninjemur), Yafet Klagilit (Kampung Wonosobo). (Erick/hp)

TINGGALKAN KOMENTAR

Isikan komentar Anda disini
Isikan nama Anda disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.