Tuntutan Kemendikbud, SMPN I Sausapor Gelar Kegiatan Pembentukan Karakter Anak Didik

0
183
Kegiatan untuk meningkatkan kreativitas anak sekaligus membentuk moralitas anak didik / Insert Photo : Laurent R

Sausapor (Tambrauw), Kobarpapua.com – Pembentukan karakter, moralitas anak sejak dini merupakan salah satu kunci keberhasilan dunia pendidikan. Betapa tidak, sejak berdirinya SMP Negeri I Sausapor, pihak Lembaga pendidikan ini terus meningkatkan kualitas dan kuantitas anak didik sekaligus membentuk karakteristik anak didik. Terlihat jelas, ratusan siswa-siswi SMPN I Sausapor,  Kabupaten Tambrauw,  Propinsi Papua Barat mengelar berbagai jenis kegiatan perlombaan yang bermuara pada peningkatan dan pembentukan kreativitas dan penumbuhan jiwa inovatif bagi setiap siswa-siswi SMPN I Sausapor, Jumat (27/10) di halaman SMPN I Sausapor.

Kepala Sekolah SMPN I Sausapor,  Andarias Tomi Mirono kepada Kobarpapua.com mengatakan maksud dari kegiatan ini untuk memenuhi salah satu tuntutan dari Kemendikbud yang mengharuskan setiap sekolah rujukan membuat kegiatan yang bermuara pada pertumbuhan dan peningkatan kreativitas anak didik berjiwa inovatif. Hasil kegiatan dilaporkan ke Kemendikbud sekaligus memberikan penilaian.

“Tujuan kegiatan untuk meningkatkan kreativitas anak sekaligus membentuk moralitas anak didik. Bertepatan Hari Sumpah Pemuda maka semua kegiatan kami lakukan bernuansa sumpah Pemuda,”ujarnya.

Lebih lanjut kata Kepsek, ada ketentuan petunjuk teknis (juknis) dari Kemendikbud. Setelah semua kegiatan yang berkaitan dengan rujukan selesai dilaksanakan, maka pihaknya segera membuat laporan yang  ditujukan kepada Kemendikbud. Kemudian dari Pusat memberikan penilaian sesuai hasil yang ada di dalam laporan kegiatan sekolah rujukan.

“Kegiatan yang telah dan akan dilakukan antara lain pengembangan seni budaya, pengembangan kreativitas dan peningkatan mutu pendidikan peserta didik. Jadi hari ini semua kegiatan kami fokuskan dengan nuansa sumpah pemuda yakni ada tarian ada dari setiap suku, fashion show, baca puisi,” paparnya.

Andarias Tomy Mirink berharap semua pemangku kepentingan turut berperan memberikan perhatian untuk meningkatkan kualitas siswa-siswi SMPN I Sausapor dan terus mempertahankan gelar sekolah rujukan ini di Kabupaten Tambrauw. (Laurent/KPC)

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Isikan komentar Anda disini
Isikan nama Anda disini