TKBM Kota Sorong Demo dan Mogok Kerja

0
809

Kobarpapua.com, Sorong – Kecewa dengan kebijakan yang diambil pemerintah untuk meniadakan koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM ) dan mengalihkan pengelolaan bongkar muat ke perusahaan swasta membuat TKBM seluruh Indonesia merasa geram dan melakukan aksi mogok, Senin (4/12).

Ketua Koperasi TKBM Kota Sorong yang notabene merangkap sebagai Ketua forum komunikasi TKBP Papua dan Papua Barat serta Ketua Forum TKBM wilayah timur, Samuel Korwa yang  merasa kecewa TKBM sebagai ” pahlawan tanpa nama” yang selama ini memberikan pelayanan bongkar muat di pelabuhan sebagai buruh kasar akhirnya akan tergusur kehidupannya.

TKBM melakukan aksi mogok atau gantung seling sesuai kesepakatan di laksanakan tgl 4 Desember hingga waktu yang belum ditentukan. Dimana aksi mogok ini disepakati TKBM seluruh Indonesia dari Sabang – Merauke menyikapi kebijakan pemerintah dalam hal ini Kementrian Perhubungan yang akan mengeluarkan peraturan menteri pengelolaan bongkar muat oleh perusahaan bukan lagi koperasi TKBM. Lantas kami yang selama ini bernaung di koperasi TKBM ini nasibnya bagaimana.

Menurut Korwa, kebijakan menteri itu keluar menyikapi isu monopoli TKBM dan tingginya biaya bongkar muat. Dalam hal ini, kata dia, TKBM sudah memberikan pelayanan bongkar muat sesuai dengan ketentuan dalam hal tarif bongkar muat. Jadi tidak benar jika kami menaikan tarif atau membuat biaya pelabuhan lebih tinggi.

Jika yang dijadikan dasar kebijakan itu pelayanan yang kurang maksimal, seharusnya TKBM akan dibina, bukan dirubah dengan pengelolaan perusahaan swasta tetapi tetap dalam wadah koperasi, terang Korwa. Jadi bukan sekedar wadah koperasi yang menaungi TKBM tetapi nasib para TKBM yang selama ini mengais rejeki sebagai buruh bongkar muat di pelabuhan.

Korwa menambahkan saat ini mencari pekerjaan sangat susah, apalagi TKBM paling banyak yang tidak memiliki pendidikan tinggi, jadi bagaimana nasib mereka jika tidak bekerja lagi. Dengan dijadikannya koperasi dikelola perusahaan secara otomatis akan menutup lapangan kerja bagi masyarakat kecil non pendidikan, tutupnya. (Marni)

Baca Juga : Jumhur Hidayat Serukan Mogok Nasional Pekerja Pelabuhan

TINGGALKAN KOMENTAR

Isikan komentar Anda disini
Isikan nama Anda disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.