SMAN Kambufatem Tidak Operasi Selama Setahun, Dinilai Illegal

0
123
Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Papua Barat, Drs. Adrian Howay, MM

Kobarpapua.com, Sorong – Ditemukan bukti sebuah SMAN Kambufatem di Kabupaten Maybrat sudah tidak  pernah beroperasi selama satu tahun karena tidak ada siswa yang mendaftar dan sudah disoroti pihak DPRD Provinsi Papua Barat.

Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Papua Barat, Drs. Adrian Howay, MM menilai SMAN Kambufatem ilegal karena belum memiliki ijin prinsip dari Pemerintah Provinsi Papua Barat.

Adrian Howay yang dihubungi media ini, kemarin menyampaikan sekolah yang didirikan tanpa memperhatikan faktor kondisi wilayah serta tidak mengukur jumlah penduduk diwilayah tersebut, akhirnya tidak digunakan.

Kambufatem ada dua sekolah SMAN terdekat, SMAN Aitinyo dan Ayamaru jelas siswanya terserap di dua sekolah yang sudah terlebih dahulu berdiri. Sehingga sejak didirikan tahun 2014 jumlah siswanya hanya 9 orang dan tahun ajaran 2017-2018 sudah tidak ada siswa yang mendaftar.

Melihat kondisi sekolah mangkrak yang tidak lagi ada aktivitas didalamnya, membuat Adrian Howay yang menyempatkan diri meninjau lokasi sekolah dengan merasa prihatin.

Miris dengan keadaan sekolah yang dipaksakan untuk dibangun. SMAN Kambufatem dibangun 2014 dengan lima guru pengajar terdiri dari dua PNS dan tiga guru kontrak. Namun setelah tidak ada siswa yang berminat mendaftar, dua guru PNS salah satunya pindah mengajar di SMK Yukase dan tiga guru pengajar di kontrak kembali ke Sorong karena hingga saat ini belum mendapatkan honor.

SMAN Kambufatem belum memiliki ijin prinsip dari Provinsi Papua Barat dan seharusnya belum bisa operasional. Kewenangan SMA maupun SMAK menjadi tanggung jawab Dinas pendidikan provinsi tetapi SMAN Kambufatem belum tercatat sebagai aset karena tidak memenuhi persyaratan, dengan begitu Howay berharap agar siswa yang terdaftar di SMA Kambufatem dipindahkan ke SMA terdekat, SMAN Aitinyo atau SMAN Ayamaru. Dan meminta gedung yang dibangun dengan dana APBD Kabupaten Maybrat bisa difungsikan kembali untuk prasarana lain. (Marni)

TINGGALKAN KOMENTAR

Isikan komentar Anda disini
Isikan nama Anda disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.