Program TMMD Kodim 1704/Sorong di Kampung Sailala Resmi Ditutup

0
159

Kobarpapua.com, Sorong – Danrem 171/PVT Brigjen TNI Ignatius Yogo Triyono MA selaku Penanggung Jawab Pelaksanaan TMMD secara resmi menutup seluruh kegiatan program TMMD ke 101 di Kampung Sailala, bertempat di lapangan sepakbola Kampung Sailala Distrik Sayosa Timur Kabupaten Sorong.

Dalam upacara penutupan tersebut Danrem 171/PVT menanggalkan secara simbolis tanda anggota satgas TMMD ke – 101.

Pada kesempatan ini, Danrem 171/PVT membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Mulyono selaku Penanggung Jawab Operasional (PJO) TMMD.

KASAD mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Pemerintah Daerah dan Kemendikbud RI, serta berbagai pihak lainnya yang telah mendukung terlaksananya program TMMD secara totalitas. Demikian juga kepada seluruh komponen masyarakat yang senantiasa hadir untuk bergotong royong dan bahu membahu guna menyelesaikan seluruh pekerjaan secara maksimal, termasuk kepada warga masyarakat yang telah menyambut dan menerima anggota Satgas untuk tinggal bersama layaknya keluarga sendiri. Dalam amanat tersebut KASAD menyampaikan bahwa tanpa terasa, 30 (tiga puluh) hari Kemanunggalan TNI dan Rakyat membangun desa telah berlalu.

Juga dalam amanat KASAD menyampaikan bahwa Hari ini secara Serentak di 50 wilayah di seluruh tanah air, kita merayakan dan mensyukuri atas capaian yang kita raih dalam kurun waktu tersebut. Semoga tekad dan itikad yang dilandasi semangat pengabdian yang tulus dan ikhlas selama pelaksanaan TMMD ini, dapat terganjar dengan kebahagiaan masyarakat yang ada di sekitar kita. “Selaras dengan tema TMMD tahun ini, TNI Manunggal Rakyat Membangun Karakter dan Kemandirian Bangsa, saya sangat berharap agar TMMD tidak hanya menghasilkan output berupa fisik semata, namun juga mampu membangun karakter Bangsa, khususnya generasi mudanya”, kata KASAD dalam amanatnya.

Komandan Kodim 1704/Sorong Letkol Inf Andar Dodianto Panggabean SIP selaku Dansatgas TMMD melaporkan bahwa seluruh program TMMD semuanya telah dilaksanakan dan telah selesai 100%. “Program sasaran fisik pembangunan 9 (Sembilan) unit rumah layak huni semi permanen type 36 selesai 100%. Sasaran tambahan berupa pembangunan 4 (unit) MCK, 1 (satu) unit pembangunan pos kamling, renovasi 1 (satu) ruangan kelas SD Inpres 8 Kampung Sailala, pengecatan gereja, pembuatan tempat lonceng gereja dan pengadaan lonceng gereja selesai 100%. Dan untuk sasaran non fisik berupa penyuluhan kesehatan, penyuluhan kambtibmas, penyuluhan kehutanan, anti narkoba, anti hoax, pemutaran film perjuangan dan pembangunan dan lainnya berjalan sesuai program”, kata Dansatgas dalam laporannya.

Usai pelaksanaan penutupan TMMD tersebut, selanjutnya dilaksanakan berita acara program TMMD yang ditandatangani oleh Dansatgas TMMD Letkol Inf Andar Dodianto Panggabean SIP dan Wakil Bupati Kabupaten Sorong Suka Hardjono S.Sos M.Si disaksikan Danrem 171/PVT Brigjen TNI Ignatius Yogo Triyono MA.

Kemudian dilanjutkan penyerahan kunci rumah secara simbolis kepada perwakilan masyarakat Kampung Sailala, yang diberikan langsung oleh Wakil Bupati Kabupaten Sorong Suka Hardjono S.Sos M.Si. Pada kesempatan tersebut Danrem 171/PVT Brigjen TNI Ignatius Yogo Triyono MA, Ketua Persit KCK Koorcabrem 171/PVT Ny Natalia Ignatius Yogo Triyono dan Wakil Bupati Kabupaten Sorong Suka Hardjono S.Sos M.Si menyerahkan bingkisan sembako kepada 3 (tiga) orang perwakilan dari masyarakat Kampung Sailala.

Selanjutnya dirangkai dengan pemberian bingkisan kepada anak-anak SD Inpres 8 Kampung Sailala oleh Ketua Persit KCK Koorcabrem 171/PVT Ny Natalia Ignatius Yogo Triyono, dilanjutkan pemberian penghargaan dan ucapan terimakasih dari Komandan Kodim 1704/Sorong Letkol Inf Andar Dodianto Panggabean SIP selaku Dansatgas TMMD kepada Kepala Kampung Sailala Bapak Yakonias Malamuk.

Pada penutupan TMMD tersebut, juga digelar pengobatan massal (gratis), pembagian sembako (gratis) serta sembako murah.

Danrem 171/PVT berharap agar rumah yang dibangun dapat dimanfaatkan dengan baik. Sementara Wakil Bupati Kabupaten Sorong mengatakan agar masyarakat yang belum mendapatkan rumah, agar bersabar. “Yang belum menerima, harap bersabar. Siapa tahu dalam program berikut dari pemerintah, maka masyarakat yang belum mendapatkan rumah nantinya akan mendapatkan. Sedangkan untuk yang sudah mendapatkan rumah, agar terus dirawat baik. Jangan sampai ditinggalkan” ujar Wakil Bupati. Kegiatan berjalan dengan lancar meskipun pada saat upacara sempat turun hujan. (RED/KP/RLS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Isikan komentar Anda disini
Isikan nama Anda disini