Presiden Jokowi Utus Menteri Ignasius Jonan ke Tambrauw

0
67

Kobarpapua.com,Tambrauw – Presiden Jokowi telah mengutus Menteri Energi Sumber Daya Mineral RI, Ignasius Jonan, menuju ke Kabupaten Tambrauw, Provinsi Papua Barat pekan lalu. Kedatangan Menteri ESDM itu disambut Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan, Bupati Gabriel Asem, Danrem 171/PVT, Kapolres, Dandim 1704, muspida dan muspida plus serta seluruh rakyat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Tambrauw di Bandar Udara Werur, bandara Peninggalan Perang Dunia II. Kedatangannya mendapat penghormatan dari tua-tua adat dan rakyat Tambrauw serta pihak DPR RI.

“Saya diutus Presiden RI, Joko Widodo untuk bertemu dan melihat langsung kehidupan rakyat di Tambrauw. Seperti program pemerintah Jokowi di tahun 2018 ini seluruh pelosok nusantara sudah mendapat pasokan listrik agar roda pemerintahan bisa berjalan dengan  baik, rakyat hidup sejahtera, anak-anak bisa belajar di waktu malam,”papar Menteri Jonan.

Usai menyampaikan beberapa pesan Presiden RI, Ignatius Jonan memuji kepemimpinan Bupati Tambrauw Gabriel Asem, SE.MSi karena keberaniannya membangun Kabupaten Tambrauw dengan dana APBD yang sangat kecil. “Bupati Tambrauw sangat memperhatikan rakyatnya dan berhasil membangun Tambrauw,” ungkap Menteri ESDM memperjuangkan pembangunan Tambrauw

Kehadiran Menteri Ignasius Jonan dalam rangka meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Warabiyai dan Bandara Werur Kabupaten Tambrauw disaksikan  Bupati  Gabriel Asem, Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan, Wakil Ketua Komisi VII DPR RI,Michael Wattimena,dan Anggota DPR RI Komisi I,Jimmie Ijie, Selasa(13/02/2018)

Sebelum peresmian, Bupati Tambrauw melaporkan pembangunan PLTM Warabiyai berkapasitas 2×800 KWh dikerjakan tahun anggaran 2013 dan diselesaikan tahun anggaran 2015 dengan APBD, dilakukan uji coba pada  2016.

Selanjutnya Gabriel memaparkan Bandar Udara Werur merupakan bekas peninggalan sekutu perang dunia kedua dibangun tahun 1942. Melihat kondisi bandara tersebut Pemerintah Kabupaten Tambrauw  melakukan kajian kembali pada Tahun 2011 dan berkomitmen untuk memulai  pembangunan Bandar Udara Werur dengan  sepenuhnya menggunakan anggaran APBD murni dengan panjang landasan pacu 1400 meter dan lebar 30 meter.

Bupati mengusulkan beberapa hal penting  kepada Pemerintah Pusat melalui Kemeterian ESDM, pertama Pelabuhan Sausapor yang dibangun pada Tahun 1994 dengan panjang 70 meter lebar 8 meter, sampai saat ini pelabuhan sausapor masih dikelolah KUPP Pelabuhan Saonek Kabupaten Raja Ampat. Untuk itu Pemda Tambrauw mengusulkan kepada Kementrian Perhubungan agar pelabuhan Sausapor dibentuk KUPP sendiri.

“Pada 2013 Kementrian Perhubungan ikut membantu membiayai sisa sisi udara dan pemda membiayai sisi darat,dan pada 20 Maret 2017 telah dilakukan uji coba pendaratan  pesawat susy air dan pada  15 April 2017 dilakukan penerbangan perdana perintis rute Sorong-Werur,”jelas Gabriel Asem.

Menteri ESDM Ignasius Jonan dalam sambutanya memberikan apresiasi kepada Gubernur Propinsi Papua Barat dan Bupati Kabupaten Tambrauw  yang telah menggunakan  APBD murni untuk membangun fasilitas umum demi kepentingan masyarakat.

Menteri ESDM  menilai penggunaan APBD untuk pembangunan fasilitas umum merupakan suatu kebanggaan karena pemimpinnya berpihak kepada kesejahteraan rakyat. Kesempatan itu, Menteri memberikan bantuan lampu tenaga surya hemat energi kepada masyarakat yang belum mendapat penerangan listrik dari dana APBN untuk

Menteri ESDM akan melanjutkan permintaan Pemda Tambrauw ke beberapa Menteri terkait menyelesaikan Bandara, Pelabuhan dan jalan Nasional. “Saya pasti telpon Menteri terkait dan menyampaikannya ke Presiden RI,”katanya.

Bandara Werur saat ini masih bergantung pada Bandar Udara Deo Sorong maka dirinya  berupaya berkoordinasi dengan Direktur Angkutan Udara agar dijadikan UPT sendiri karena menyangkut keselamatan penerbangan. Menteri ESDM juga meminta Direktur Angkutan Udara agar ada penerbangan reguler sehari sekali di Bandar Udara Werur. (Laurent R/KPC)

TINGGALKAN KOMENTAR

Isikan komentar Anda disini
Isikan nama Anda disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.