PLTMG Kalibobo Nabire Diresmikan Oleh Presiden Joko Widodo

0
219
Peresmian PLTMG Kalibobo Nabire oleh Presiden Jokowi / Insert Photo : nabire.net

Kobarpapua.com, Nabire (Papua) – Setelah kunker di Sorong, Papua Barat, Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Jokowi dan rombongan bertolak ke Nabire. Presiden Jokowi tadi sore berada di lokasi Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) 20 MW Kalibobo Nabire. Presiden dan rombongan tiba pukul 16.05 wit, Rabu (20/12).

Kunjungan Presiden Jokowi di Nabire, Papua yaitu Peresmian PLTMG Kalibobo Nabire, seperti di lansir portal media online Nabire.net, hadir Menteri BUMN, Rini Soemarno, Menteri ESDM, Ignasius Jonan, Kapolda Papua, Pangdam Cenderawasih, Darem 173/PVB, Bupati Nabire, Dirut PLN Persero Pusat, Gubenur Papua, Lukas Enembe, unsur forkopimda, Stafsus Presiden Lenis Kogoya, serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo berpesan kepada Dirut PLN, Menteri BUMN dan Menteri ESDM agar pada tahun 2018 seluruh kampung di Papua sudah terlistriki.

Presiden Jokowi meminta kepada PLN agar memperhatikan kepentingan masyarakat di Nabire khususnya terkait permasalahan listrik yang ada di Nabire selama ini, sehingga dengan adanya PLTMG Kalibobo Nabire ini, warga Nabire sudah bisa menikmati manfaat listrik.

 

Dirut PLN Persero, DR. Sofyan Basir / Insert Photo : nabire.net

Pernyataan tersebut keluar setelah sebelumnya Presiden menanyakan kondisi listrik kepada salah seorang warga Nabire Ibu Lidia Imbiri yang mengatakan pemadaman listrik di Nabire dalam sehari bisa terjadi lebih dari 5 kali, dan merasa kasihan dengan mereka yang berada di balik gunung serta pulau-pulau.

“Semoga dengan beroperasinya Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas di Nabire dan di Jayapura, kebutuhan listrik rakyat Papua bisa semakin kita penuhi,” ucap Presiden Joko Widodo sebelum meresmikan operasional PLTMG Kalibobo Nabire dan PLTMG Jayapura.

Sementara itu ditempat yang sama, Direktur Utama PT. PLN Persero, DR. Sofyan Basir dalam kesempatan tersebut mengatakan, PLTMG Kalibobo menggunakan 2 bahan bakar yaitu High Speed Diesel dan gas, serta didukug oleh Konsorsium PT.PP, Wartsila Finlandia dan Wartsila Indonesia, menyerap tenaga kerja 479 orang serta investasi 440 Miliar.

“Dengan tambahan daya 20 MW ini maka daya listrik di Nabire meningkat 105% serta dapat meningkatkan rasio elektrifikasi penambahan jumlah pelanggan baru sebanyak 25 ribu pelanggan”, tutur Sofyan Basir.

Usai sambutan, Presiden Joko Widodo meresmikan operasional PLTMG 20 MW Kalibobo Nabire dan PLTMG 50 MW Jayapura Nabire, menandatangani batu prasasti peresmian PLTMG sekaligus melaunching 74 desa berlistrik, didampingi Dirut PLN Pusat, Menteri BUMN, Menteri ESDM, Gubernur Papua dan Bupati Nabire.

Dalam kesempatan yang sama, PLN juga memberikan bantuan sembako kepada masyarakat serta penyerahan bantuan simbolis lampu tenaga surya hemat energi kepada 5 kampung yang ada di Nabire. (KP/nabire.net)

TINGGALKAN KOMENTAR

Isikan komentar Anda disini
Isikan nama Anda disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.