Peraturan Kemendagri No.86 Tahun 2017 Jadi Pedoman dan Aplikasi RPJMD Tambrauw

0
267
Penyusunan Renstra dan Renja apklikasi RPJMD Tambrauw / Insert Photo : Laurent R

Sausapor,  (Tambrauw), Kobar Papua.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Tambrauw melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapeda) kembali menggelar penyelenggaraan pendampingan penyusunan Rencana Strategis 5 Tahun (Renstra) dan Rencana Kerja Satu Tahun (Renja) Organisasi Perangkat Daerah(OPD) Kabupaten Tambrauw Tahun 2017-2022 di Aula Kantor Bupati Kabupaten Tambrauw kemarin.

“Program atau pun kegiatan yang ada di dalam RPJMD akan dijabarkan dalam dokumen lima tahunan yakni Renstra 2017-2022 dan dokumen tahunan yakni Renja OPD yang tertuang di dalam peraturan Kemendagri No 86 2017. Ini perlu dipahami oleh setiap pimpinan OPD sehingga program yang disusun benar-benar selaras dan berkesinambungan dengan apa yang dimaksud RPJMD,” jelas Gabriel Asem.

Kegiatan penyelenggaraan pendamping penyusunan Renstra dan Renja dibuka secara resmi Bupati Tambrauw bertujuan memberikan pemahaman kepala seluruh pimpinan OPD agar mampu menyusun Renstra 5 Tahun dan Rencana kerja satu tahun dengan berlandas pada RPJMD 2017-2022.

Kepala Bappeda Kabupaten Tambrauw, Abdul Malik Kastella, SH mengatakan visi-misi Bupati sudah sangat jelas sehingga kegiatan ini sangat perlu dan penting dilakukan agar program yang disusun pihak OPD yang tertuang dalam Renstra dan Renja merupakan aplikasi dari RPJMD yang didalamnya terkandung visi misi Bupati benar-benar sesuai harapan bersama sehingga nantinya progran yang disusun mampu menjawab indikator-indikator tersebut.

Gabriel Asem menambahkan beberapa indikator untuk mengukur keberhasilan antara lain pertumbuhan ekonomi, peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), tata kelolah pemerintahan yang baik, terwujudnya kabupaten konservasi dan pembangunan harus menyentuh hak-hak masyarakat.

Bupati Tambrauw berharap, setiap pimpinan OPD agar mampu menyusun program kerja baik Renstra maupun Renja harus berpedoman pada indikator keberhasilan sehingga visi misi Bupati benar-benar terealisasi secara maksimal. (Laurent R/KPC)

TINGGALKAN KOMENTAR

Isikan komentar Anda disini
Isikan nama Anda disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.