Pencegahan dan Pengendalian Penyakit di Papua

0
334

Kobarpapua.com, Sorong – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat,  dr. otto parorongan sambut baik kedatangan Dirjen Kementerian Kesehatan, Dr. H. Mohamad Subuh MPPM  beserta rombongan ke Papua Barat, tepatnya di Kota Sorong.

Dimana kedatangan dalam rangka pelaksanaan Kegiatan evaluasi nasional 2017, pada Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) yang diselenggarakan di hotel Belagri Puncak Arfak Kota Sorong, Senin (30/10).

Peserta yang ikut evaluasi nasional 2017 ada 30 peserta dari beberapa daerah dari Sabang sampe Merauke. Dr. H. Mohamad Subuh MPPM mengatakan penyakit yang ada di indonesia ada 2 kategori, pencegahan terhadap orang sehat supaya tidak jatuh sakit, dimana masyarakat sehat 80 persen dan 20 persen sakit ,maka itu 80 persen kita bedain supaya tidak mencegah kecacatan dan kematian.

Yang kedua Penyakit yang menular, sepert HIV, TBC, Malaria dan penyakit  yang tidak menular, seperti stroke, kanker dan kurang darah.

Jadi masyarakat harus hidup sehat, banyak olahraga dan makan buah – buahan,  sayur- sayuran dan rajin cek kesehatan, Kata dr otto parorongan.

Penyakit yang terbanyak di Papua yaitu Malaria ,TBC, sama halnya dengan program di papua barat untuk mencegah penyakit kaki gajah.

Himbauan dinas kesehatan Provinsi Papua Barat harus banyak olahraga, aktifitas fisik, serta makan buah-buahan dan sayuran. (Marni)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Isikan komentar Anda disini
Isikan nama Anda disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.