Pemkab Sorong Perketat terkait IMB Rumah dan Komunitas Perumahan

0
294

Kobarpapua.com, Aimas  – Pemerintah Kabupaten Sorong akan memperketat persyaratan yang harus dipenuhi pengembang atau pembangun rumah, ketika mengajukan izin pembangunan perumahan di wilayah Kota Baru  Aimas.

Hal ini disampaikan Plt Sekda Kabupaten Sorong, Ir. Moh Said Nur, M.Si dihadapan para pimpinan OPD terkait perinzinan IMB dan Kepala distrik, serta para lurah dalam Kota Baru Aimas, Jumat kemarin (3/11).

Ia (Said Nur) mengatakan Kawasan Kota Aimas mau ditata menjadi kota yang baik dengan mengatur bangunan supaya tidak sembraut.

Sejalan dengan perkembangan kota dengan mobilisasi penduduk, memang dibutuhkan banyak perumahan, tapi harus sejalan dengan tata ruang kota, ungkap Plt Sekda, Said Nur.

Koordinasi para SKPD dari tingkat kabupaten sampai tingkat kelurahan harus baik dalam memonitor dan pemberian izin Komunitas perumahan dengan persyaratan yang ketat, harus mengikuti aturan pembangunan infrastruktur agar tidak menimbulkan dampak negatif.

“Setiap pembangunan rumah atau pun komunitas perumahan harus mengurus advis planning baru mengurus IMB”, terang Said Nur.

Dia mengatakan sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi pengembang saat mengajukan izin, di antaranya dokumen analisis mengenai dampak lingkungan (amdal), ketersediaan fasilitas dan infrastruktur.

Ia mengatakan pengembang perumahan juga harus menandatangani surat pernyataan yang isinya bersedia memenuhi semua fasilitas tersebut saat mulai membangun atau mengoperasikan perumahan.

“Jadi tidak terjadi pertumbuhan rumah ditengah – tengah sawah dan sekarang ini banyak pembangunan rumah tidak lagi memenuhi syarat –syarat sesuai pemamfaatannya, sudah banyak terjadi di Kabupaten Sorong” kata said Nur.

Pemerintah kabupaten Sorong mencegah, jangan sampai terjadi perubahan fungsi, Sampai ada pemukiman dan  rumah ditengah sawah.” Jangan Sampai terjadi diversifikasi fungsi, tadinya tanaman tumbuh dan pertanian, kemudian menjadi gedung – gedung rumah” terang Sekda.

“Kalau pembangunan rumah atau perumahan tidak sesuai dengan izin dalam pengajuan, maka segera di beri teguran, tutup Plt Sekda, Said Nur. (Erick/Hp)

TINGGALKAN KOMENTAR

Isikan komentar Anda disini
Isikan nama Anda disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.