DPD RI : Kecurangan Situng KPU Zero Persen

0
61

KOBARPAPUA.COM, JAKARTA– Ketua dan Anggota Komite I Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI menyambangi Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Rabu (8/5/2019) pagi untuk beraudiensi, membicarakan sejumlah isu strategis kepemiluan yang berkembang dimasyarakat.

Rombongan yang dipimpin Ketua Komite I DPD, Benny Rhamdani, diterima Ketua KPU RI Arief Budiman serta Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Abhan.

Dalam kesempatan itu Benny menegaskan bahwa kedatangannya bersama rombongan Anggota DPD lainnya, Fachrul Razi, Jacob Esau Komigi, Badikenita Sitepu, Eni Sumarni, Sofwat, Syafrudin Atasoge dan Mahmud Idris adalah sebagai bagian dari tugas kelembagaan.

Menurut dia banyak hal yang perlu untuk mendapat penjelasan langsung dari KPU, terutama perihal Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) yang ramai diperbincangkan masyarakat. “Dan kami pada kesempatan ini diberikan ruang melihat dapur KPU. Menurut kami tidak ada alasan Situng untuk dihentikan,” ujar Benny.

Pada kesempatan itu Benny dan rombongan memang secara khusus menekankan banyak pertanyaan terkait beberapa isu negatif yang menyertai penggunaan Situng, seperti tentang sistem digunakan sebagai pesanan memenangkan kelompok tertentu, server yang berada diluar negeri hingga operator dan petugas Situng yang mempekerjakan orang asing. “Zero persen tidak ada untuk pesanan pihak tertentu. Dan Situng itu hanya guidance (panduan), jadi sulit apabila dijadikan pesanan atau untuk kecurangan sistemik,”  tutur Benny.

Dari pertemuan ini DPD RI menurut Benny semakin yakin bahwa KPU dan Bawaslu telah bekerja profesional memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara. “Kalau ingin berbuat curang kenapa KPU transparan. Dan Situng ini penting sebagai bagian dari ruang rakyat yang partisipatoris,” tambah Benny.

Sementara itu Ketua KPU Arief Budiman berterimakasih atas kunjungan yang dilakukan Komite I DPD RI ke kantornya. Atas jawaban yang diberikan, Arief mengaku hanya menyampaikan apa yang sesungguhnya terjadi dan menjadi tugas lembaganya sebagai organisasi independen, berintegritas dan profesional. (RLS-KPU/ZATAR/IWO)

TINGGALKAN KOMENTAR

Isikan komentar Anda disini
Isikan nama Anda disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.