Menteri Tjahjo Kumolo Lantik Sekjen Kemendagri dan Pjs Gubernur Papua

0
48

Kobarpapua.com, Jakarta – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo melantik Hadi Prabowo sebagai Sekretaris Jenderal Kemendagri dan mengukuhkan Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Soedarmo sebagai Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Papua menggantikan Lukas Enembe yang maju sebagai kandidat petahana dalam pemilihan gubernur.

“Saya yakin dengan pengalaman teritorial yang cukup Pak Darmo dapat menjaga keamanan Pilkada serentak di Papua. Pak Darmo juga harus bisa tetap berkomunikasi dan berkoordinasi dengan Pak Lukas, sekaligus membangun konektivitas dengan Gubernur Papua Barat,” kata Mendagri Tjahjo dalam sambutannya di kantor Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (26/2/2018).

Mendagri menegaskan, karena Gubernur dan Wakil Gubernur Papua cuti kampanye selama 3 bulan, maka selama waktu itu tugas dari Soedarmo adalah menjaga iklim sejuk dalam proses pelaksanaan pilkada daerah di Papua. Sebab, lanjutnya, pilkada adalah proses memilih pemimpin untuk masa depan masyarakat Papua.

“Tugas Plt tidak hanya mengamankan pilkada, tetapi menjaga stabilitas,” tambahnya.

Tidak hanya itu, Sudarmo dan kepala daerah lainnya juga harus memantau dan memastikan program strategis pemerintah tetap berjalan.

Pada kesempatan itu, Tjahjo kembali menegaskan bahwa tantangan dalam proses pilkada adalah bagaimana melawan politik uang, melawan isu-isu soal tentang fitnah dan ujaran kebencian yang beredar di masyarakat.

“Sekecil apapun gelagat yang ingin merusak kebinekaan kita, ingin mengganti Pancasila itu bukan urusan TNI dan kepolisian saja tetapi seluruh elemen masyarakat,” tuturnya.

Selain melantik Sekjen dan mengukuhkan PJs Gubernur Papua, Mendagri juga mengangkat Kepala Biro Hukum Widodo Sigit Pudjianto sebagai Pelaksana Tugas Sekretaris BNPP dan Wakil Rektor IPDN Reydonnizar Moenek sebagai Pelaksana Tugas Staf Ahli Menteri Dalam Negeri.

Hadi Prabowo sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Penjabat Gubernur Kalimantan Tengah (2015-2016) serta Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah (2008-2013).

Turut hadir dalam pelantikan tersebut Lukas Enembe, Kapolda Papua Irjen Boy Rafli Amar, serta mantan sekjen Kemendagri Diah Anggraeni dan Yuswandi Temenggung. (Kesbang.com)

TINGGALKAN KOMENTAR

Isikan komentar Anda disini
Isikan nama Anda disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.