Massa Dibubarkan Paksa Dijalan Tambang Freeport

0
252

Kobarpapua.com, Timika – Aparat keamanan mulai membubarkan paksa ribuan massa yang menduduki jalan tambang PT Freeport Indonesia di Mile Point 28, Timika, Papua, Sabtu (19/8/17) malam.

Sekitar Pukul 19.45 WIT aparat kepolisian dibantu TNI yang mengawal aksi tersebut memberikan tembakan peringatan, dan berusaha membubarkan massa menggunakan tembakan gas air mata.

Meski begitu, ribuan massa tetap bertahan menduduki jalan tambang MP 28, maupun di sekitar bundaran Check Point 28 hingga pukul 20.00 WIT.

“Kami tidak bikin kacau. Kami minta hak. Kami hanya tuntut keadilan. Apakah kami bukan warga negara,” ujar seorang karyawan dari balik kerumunan massa.

Sementara aparat kepolisian terus mengimbau agar seluruh massa aksi memhubarkan diri dan pulang dengan tertib ke rumah masing-masing. Terutama kepada mereka yang membawa serta anak istri.

“Kami dari aparat kepolisian mengimbau agar kembali ke rumah masing-masing demi ketertiban kita semua,” demikian imbauan yang disampaikan lewat pengeras suara.

Sebelumnya, massa telah membakar beberapa kendaraan termasuk dua unit motor, satu unit alat berat dan satu unit mobil Freeport jenis Toyota LWB di sekitar Cek Point 28.

Massa juga merusak puluhan motor yang terparkir di area itu, dan sebagian dibuang ke dalam kolam. Mereka mendirikan tenda dan menutup akses masuk ke jalan tambang Freeport.

Bersamaan dengan itu, massa juga memblokade jalan tambang di MP 28 dan membakar dua unit kendaraan trailer pengangkut kontainer dan air.

Aksi ini merupakan buntut dari kebijakan Freeport menerapkan program furlough (merumahkan) ribuan karyawan. Ini kemudian berujung aksi mogok kerja sejak 1 Mei 2017 lalu.

Aksi mogok kerja yang dianggap manajemen perusahaan tidak sah, lalu kemudian sekitar 8.100 karyawan dinyatakan mengundurkan diri secara sukarela.

Keputusan tersebut dinilai sepihak dan dianggap menyengsarakan ribuan pekerja. Masalah inipun berujung tanpa penyelesaian. (rum/SP-IWO RED)

TINGGALKAN KOMENTAR

Isikan komentar Anda disini
Isikan nama Anda disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.