Koruptor Dana Bansos Basirun Ditangkap dari Kampung Halamannya

0
182
Kepala Kejaksaan Negeri Sorong Achmad Muhdor,SH saat konfrensi persnya di Bandara DEO, Jumat sore (17/11)

Kobarpapua.com, Sorong – Koruptor dana Bansos yang sempat buron kurang lebih 1 tahun, Basirun ditangkap dengan bantuan anggota Polres Sorong Kota setelah mendapat informasi terkait kepastian keberadaannya di kampung halamannya.

Koruptor Basirun  menggunakan pesawat Batik Air dari Makassar, Jumat (17/12) sekitar pukul 13.20 WIT. Basirun tiba di Bandara DEO Sorong dengan dikawal jaksa Henry Siahaan, SH, Zenericho, SH, dan satu anggota Resmob Polres Sorong Kota.

Kepala Kejaksaan Negeri Sorong Achmad Muhdor,SH saat konfrensi persnya di Bandara DEO mengatakan,  setelah mendapatkan informasi yang pasti soal keberadaan terpidana, lalu memerintahkan jaksa Henry dan Zenericho Kamis kemarin sore berangkat ke Baubau untuk menangkap pidana koruptor Basirun.

Ditangkap di kampung halaman istrinya, terpidana lalu diamankan di satu tempat yang dekat dengan bandara. Dilanjutkan tepatnya jam 06.00 WIT, Jumat (17/11) pagi  diterbangkan ke Makassar lalu ke Sorong.

Achmad Muhdor menegaskan bahwa untuk menangkap terpidana kami berkoordinasi dengan Polres Sorong kota. Hal ini dilakukan agar mendapat kepastian keberadaan basirun.

Basirun yang ditangkap akan dititipkan ke Lembaga Pemasyarakatan Sorong, setelah itu diserahkan ke Lapas Manokwari, soal putusan Mahkamah Agung, Achmad Muhdor mengatakan, Basirun di vonis 5 tahun. Namun, yang bersangkutan sempat menjalani hukuman hampir 6 bulan. hingga sisanya 4,6 tahun lagi Basirun menjalani sisa hukumannya.

Basirun di vonis bersalah lantaran mengkorupsi anggaran Bantuan Sosial untuk korban kebakaran Rufei sebesar 500 juta rupiah.

Basirun melarikan diri ke kampung halamannya selama kurang lebih 1 tahun 3 bulan sejak Agustus tahun lalu. Basirun melarikan diri setelah mendapat pembantaran. (Marni/Hp)

TINGGALKAN KOMENTAR

Isikan komentar Anda disini
Isikan nama Anda disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.