Ketua Adat Bersama Dansatgas TMMD Ke-99, Suasana Sedih dan Senang

0
199

Kobarpapua.com, Raja Ampat – Suasana hati bercampur gembira senang melihat kampungnya disulap seketika menjadi sejuk dan bersahaja dengan program TMMD 2017, tapi diraut wajah juga terkesan sedih berakhirnya TMMD, Pace Yesaskar Tepinbo merupakan Ketua Adat Kampung Kaliam, Distrik Salawati Barat, sangat terharu dan bangga dengan Program TMMD KE-99 yang di Komandoi Dansatgas, Letkol Inf Daniel E.S Lalawi, dalam tugas keseharian sebagai Dandim di kesatuan Kodim 1704/Sorong, Rabu (02/08/2017) usai penutupan TMMD.

Ketua Adat Kampung Kaliam merangkul hangat menandakan betapa bangga dan salut kepada Dansatgas TMMD KE-99 Letkol Inf Daniel E.S Lalawi. “Kenapa tidak, ini semua rencana beliau, yang membuat Kampung Kaliam dan Pam dibangun sehingga mengalami peningkatan pembangunan, kami sangat bangga kepada TNI lebih khususnya Bapak Komandan yang telah merencakan semuanya” Ucap Ketua Adat.

Kampung Kaliam dengan keterbatasan rumah layak huni, dengan harus terus tinggal dengan satu rumah sampai 3 (Tiga) dan 2 (Dua) kepala keluarga, disisi lain sangat kekurangan tempat MCK yang membuat  lingkungan menjadi tidak sehat. Hingga sekarang semua sudah terjawab melalui Program TMMD KE-99 yang dimotori oleh Kodim 1704/Sorong, kampung kaliam disulap menjadi kampong yang sehat, “masyarakat sudah mempunyai rumah sendiri, MCK sudah banyak dan Jembatan, tambatan perahu sudah cantik serta kampung terata rapi, yang sangat berkesan melalui program ini, Kami warga kaliam sudah dibekali jati diri dalam bekerja keras dalam membangun kampung ini secara mandiri dengan cara memperdayakan ilmu dari segala penyuluhan yang telah diberikan seperti kamtibmas, kesehatan, perikanan, kehutanan, kelautan dan Bela Negara, ungkap Ketua Adat Yesaskar.

Dansatgas TMMD KE-99 Letkol Inf Daniel E.S Lalawi mengatakan setelah ditutup Program TMMD, maka Jabatan Tugas dan tanggung Jawab kembali ke posisi semula sebagai Komandan Kodim 1704/Sorong.

Ia menyampaikan, ucapan terima kasih kepada masyarakat Kampung Kaliam Distrik Salawati Barat atas dukungan dan kerjasama yang diberikan selama ini sehingga pelaksanaan berbagai kegiatan pada program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-99 TA.2017 bisa terlaksana dan berjalan dengan lancar hingga mencapai 100%.

“Saya atas nama TNI mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh tokoh masyarakat, tokoh agama, para pemuda, dan seluruh masyarakat Kampung Kaliam dan Kampung Pam yang telah ikut berperan aktif dalam berbagai rangkaian kegiatan TMMD” jelas Dandim.

Diharapkan dengan pelaksanaan TMMD , dapat meningkatkan hubungan TNI dan Masyarakat. Hal ini dapat dirasakan masyarakat dimana personil TNI bekerja keras membantu kesulitan masyarakat desa. Dan saya berpesan “Untuk masyarakat ada kemauan menggunakan dan merawat serta melanjutkan pembangunan yang telah dirintis ini adalah tujuan paling penting dari TMMD” tutur Dandim.

Program TMMD Ke-99 Kodim 1704/Sorong resmi ditutup dengan memenuhi target 12 unit rumah tipe 36 semi permanen yang dibagi dua kampung yaitu Kampung Kaliam Distrik Salawati Barat dan Kampung Pam Distrik Waigeo Barat Kepulauan Kabupaten Raja Ampat, 4 Unit MCK, rehab Jembatan,Tambatan Perahu dan Poskamling dan perbaikan sarana air bersih, tutupnya. (RED)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Isikan komentar Anda disini
Isikan nama Anda disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.