Waspada! Penyakit Berbahaya ini Tiada Obatnya

0
80

Penulis Artikel : Farida Apriliya Sari (Mahasiswa Fisioterapi Universitas Muhammadiyah Malang)

Kobarpapua.com – Assalamu’alaikum readers! Senang sekali bisa menyapa kalian pada artikel kali ini. Pada kesempatan ini, saya menuliskan sedikit mengenai info kesehatan bagi kalian yang mungkin awam pada dunia kesehatan.

Dewasa ini tentu banyak yang mengetahui bahwa penyakit mematikan seperti HIV/ AIDS memang belum ada obat untuk menyembuhkannya, tetapi masih ada pengobatan untuk memperlambat perkembangan penyakit atau memperpanjang hidup penderitanya. Tidak hanya HIV/ AIDS, beberapa penyakit yang saya tuliskan disini juga tidak ada obat untuk menyembuhkannya. Semoga artikel ini bermafaat bagi kalian semua readers!

  1. Lupus

Lupus adalah penyakit inflamasi kronis serta penyakit autoimun yang dimana system kekebalan tubuh seseorang berbalik menyerang tubuhnya sendiri. Tidak seperti HIV, penyakit ini tidak membutuhkan waktu panjang untuk memakan korbannya. Dalam hitungan bulan bahkan minggu, penyakit ini dapat membunuh korbannya. Hal ini dapat terjadi karena penderita tidak mengetahui bahwa tubuhnya terinfeksi, oleh sebab tanda-tanda penyakit ini yang tidak sering mengindikasikan pada penyakit Lupus, melainkan hanya demam biasa. Penyakit ini sering dialami oleh perempuan pada usia 15 – 50 tahun, tetapi tidak meutup kemungkinan bahwa anak-anak dan laki-laki juga dapat terinfeksi. Tidak ada obat untuk penyembuhan penyakit ini, hanya obat untuk pengurangan tingkat gejala dan kerusakan organ.

  1. Cerebral Palsy

Merupakan kondisi yang mempengaruhi otot dan saraf permanen (seumur hidup) yang berhubungan dengan kelemahan kerja otak. Ada tiga jenis cerebral palsy dengan jenis keadaan yang berbeda. Penderita cerebral palsy umunya dapat menjalankan hidup dengan normal, karena beberapa dalam keadaan ringan, tetapi ada juga dalam keadaan buruk. Penderita cerebral palsy tidak dapat disembuhkan, tetapi dapat dibantu dengan menurunkan resiko gejala dan cacat dengan terapi fisik, terapi okupasi, konseling psikologi hingga operasi.

  1. Asma

Penyakit asma merupakan penyakit keturunan yang juga susah diketahui penyebab pastinya. Penyakit ini termasuk penyakit jangka panjang yang dapat menyebabkan penderitanya kesulitan bernapas, batuk-batuk, mengi, dan dada yang terasa sesak. Tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa penyakit ini juga dapat membunuh penderitanya secara cepat. Tidak ada obat untuk menyembuhkan atau menghilangkan asma. Hanya obat untuk meredakan rasa sakit dan mengendalikan rasa sakitnya. Vaksinasi untuk influenza dan penyakit yang menyebabkan hidung tersumbat lainnya, perlu diberikan pada penderita asma agar tidak memperburuk keadaan.

Sehat mahal harganya! Maka dari itu bagi siapapun yang telah diberi kesehatan secara jasmani dan rohani wajib bersyukur. Jangan lalai dalam menjaga kesehatan kalian readers! Semoga bermanfaat artikel saya hari ini, terimakasih telah membacanya. Wassalamu’alaikum readers! (***)

TINGGALKAN KOMENTAR

Isikan komentar Anda disini
Isikan nama Anda disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.