Kampung Pulau Tikus Patut Dijadikan Contoh Penggunaan Anggaran Dana Desa

0
210
Penyerahan mesin Motor Jhonson 15 PK, dari Kepala Kampung kepada Masyarakat di Pulau Tikus Distrik Kepulauan Sembilan, Raja Ampat/insert Photo : Peko

Kobarpapua.com, Waisai – Patut di acungkan jempol dan menjadi contoh bagi kampung-kampung di Papua Barat terlebih khusus di Kabupaten Raja Ampat, yang menggunakan Dana Desa untuk memberdayakan dan mensejahtrakan masyarakat dari Segi perekonomianya.

Seperti di ketahui bersama bahwa Dana Desa yang di programkan pemerintahan Presiden Jokowi, memberikan ruang kepada daerah untuk mengelola Anggaran tersebut guna mensejahtrakan masyarakatnya, namun yang terjadi di lapangan banyak daerah yang salah mengartikan penggunaan Anggaran tersebut, bahkan ada yang terperangkap dalam kasus korupsi.

Namun berbeda dengan Kampung Pulau Tikus Distrik Kepulauan Sembilan Kabupaten Raja Ampat, melalui kepala kampungnya Felix Manuputy menggunakan Anggaran Dana Desa dengan sebaik-baiknya. Bahkan Anggaran tersebut, Beliau mencoba memberikan ruang kepada masyarakat untuk  meningkatkan perekonomiannya dengan membeli Motor Jhonson 15 PK 32 unit merk Yamaha,   untuk 32 Kepala Keluarga (KK) di kampung tersebut. Hal Itu patut di jadikan contoh bagi 117 Kampung di Kabupaten Raja Ampat. Karena selama ini Anggaran Desa banyak yang di salah gunakan, sehingga masyarakat yang kena imbasnya.

Kepala Kampung Pulau Tikus, Felix Manuputy  di dampingi Sekretaris Kampung, Jimmy Tokan, serta Bendahara Kampung, Fredek Horokubun, kepada Wartawan di Kantor Bupati mengatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang telah memberikan ruang kepada kami untuk mengelola Anggaran Dana Desa.

“Saya sebagai Kepala kampung sangat bersyukur bisa meningkatkan perekonomian 32 kepala Keluarga, dengan membeli 32 Mesin Jhonson 15 PK kepada mereka melalui Anggaran dana Desa”. Tandasnya.

Menurut Felix, yang juga merupakan anak Keturunan Maluku. Dana Desa harus digunakan sebaik mungkin agar bisa mensejahtrakan masyarakat. Dikatakan Program pemberdayaan masyarakat terungkap dari Om (pamannya –red) Yoche Mambrasar.

“Saya Mendapatkan masukan dari Om saya Yoche Mambrasar terkaitp penggunaan Dana Desa, banyak masukan yang di sampaikan kepada saya, masukan tersebut saya aplikasikan kepada masyarakat saya, sekarang terbukti 32 Kepala Keluarga telah menerima 32 Mesin Jhonson 15 PK”  Ujar Felix. (KP/PeK)

TINGGALKAN KOMENTAR

Isikan komentar Anda disini
Isikan nama Anda disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.