Sejumlah Guru Besar Menulis dan Membuka Rahasia Bupati Tambrauw Gabriel Asem

0
458
Beda Buku dan Launching Buku Gabriel Asem, SE. M.Si /Insert Photo : Laurent R

Beda dan Launching Buku Menyimpan Rahasia Visioner Bupati Tambrauw

Sausapor, (Tambrauw), Kobarpapua.com – Dua editor buku Gabriel Asem, berani mencari, menemukan dan mengedit visioner Bupati Tambrauw, Gabriel Asem, SE. M.Si Bahkan tak segan-segan sejumlah pakar ikut membuka rahasia siapakah Bupati Tambrauw itu. Penulisan buku ini lebih mengarah pada rahasia keberhasilan Bupati membangun Kabupaten Tambrauw dan sebagai peletak dasar pembangunan Kabupaten Tambrauw – Provinsi Papua Barat.

Para pakar menemukan sosok pemimpin visioner, tegas, cerdas, rendah hati dan penggerak lingkungan  dan membeberkannya di hadapan publik. Bahkan sejumlah Guru Besar pun turut mendukung rahasia hidup Sang Bupati Tambrauw karena visi-misinya sehingga berdirilah Kabupaten Tambrauw di Provinsi Papua Barat.  Isi buku Gabriel Asem menyimpan banyak rahasia kinerja Bupati Tambrauw hingga memasuki dua periode kepemimpinannya.

Selain editor ada juga sejumlah penulis buku ini yakni Gabriel Titit (alm), Jonni Marwa, Yaved Syufi dan Sepus M.Fatem banyak menyedot waktu melakukan riset untuk membuktikan kebenaran ilmiah rahasia hidup Gabriel Asem. Bahkan Dirjend Otonomi Daerah Kementrian Dalam Negeri DR. Sumarsono, MDM turut andil menilai Sang Visioner Bupati Gabriel Asem sebagai peletak dasar pembangunan kabupaten Tambrauw. “Gabriel Asem memulai kipranya dari segala kekurangan sarana, fasilitas, personal bahkan pendanaan sangat minim ia berjuang membuka keterisolasian Tambrauw,”tutur Dirjend Otda.

Tak ketinggalan Abraham O.Atururi mantan Gubernur Papua Barat menilai, Gabriel Asem pantas mendapat penghargaan sebagai Bapak konservasi karena kebijakannya untuk melindungi hutan dari kepunahan sekaligus dalam upaya mitigasi dan adaptasi perubahan iklim. “Kebijakan Bupati Gabriel Asem sangat mendukung inisiatif Papua Barat sebagai Provinsi Konservasi di Indonesia dan dunia,” kata Abraham Atururi dalam sambutannya.

Rahasia lain Gabriel Asem  dibuka sejumlah pakar seperti Prof. DR. Ir. Frans Wanggai, Guru Besar Bidang Sumber Daya Alam dan Pendiri Universitas Papua di Manokwari. Dirinya memperoleh hasil riset bahwa Bupati Gabriel Asem adalah sosok “Peletak Dasar Pembangunan Tambrauw Provinsi Papua Barat”. Pasalnya, hasil riset ditemukan data dan informasi tentang pelbagai tantangan dan masalah yang dijadikan dasar pijak Gabriel Asem sekaligus peluang dalam membangun kabupaten Tambrauw. “Satu hal yang saya apresiasi adalah kebijakan Bupati menjadikan Kabupaten Tambrauw sebagai Kabupaten Konservasi dengan satu impian sumber daya alam yang tersedia bukan milik masyarakat sekarang saja tetapi pinjaman dari anak cucu di kemudian hari,” tulisnya.

Dosen Institut Pemerintahan Dalam Negeri IPDN, Prof. Dr. Sadu Wasistiono, M.Si mengatakan Gabriel Asem adalah peletak dasar pembangunan kabupaten Tambrauw.”Gagasannya membangun jaringan jalan, listrik, telekomunikasi membuktikan Gabriel Asem ingin mewujudkan masyarakat Tambrauw yang sejahtera, mandiri dan bermartabat,” ungkapnya. Selain itu kata guru besar Sadu Wasistiono, Gabriel Asem sangat konsisten membangun hubungan seimbang dan dinamis dengan berbagai suku yang ada tercipta keselarasan dan kedamaian untuk kemajuan

Dua Editor Buku itu yakni Basri Amin dan Hendrik Arwam (ed.) menggambarkan sosok Gabriel Asem sebagai pemimpin visioner yang tegas, cerdas, rendah hati serta penggerak lingkungan. Juga mendapat tanggapan positif dari Pdt. Albert Yoku, S.Th. ( pernah  manjabat Ketua Badan Pekerja Am Sinode GKI di Tanah Papua). Selain itu ada  Rektor Unipa, Mantan Kepala Bappedalda Papua Barat, Dr. Ir. Jacob Manusawai, MH, Dewan Pakar Epistema Institut Jakarta Myrna A.Safitri, Ph.D,

“Saya yakin, buku ini sangat bagus dan menginspirasi para pencinta aspek terapan persoalan ekonomi pembangunan khususnya di wilayah Papua Barat,” jelas Mantan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM 2012-2016, Staf Ahli Khusus Kementriaaan Perhubungan Bidang Ekonomi dan Investasi, Prof. Wihana Kiranajaya,M.Soc, Sc, Ph.D. (Laurent R/KPC)

TINGGALKAN KOMENTAR

Isikan komentar Anda disini
Isikan nama Anda disini