Drs. Thomas Gewab, M.MPd : Dinas Pendidikan Harus Tingkatkan Mutu Guru di Tambrauw

0
105
Kadis Pendidikan Kabupaten Tambrauw, Drs. Thomas Gewab, M.MPd / Insert Photo : Laurent R

Sausapor (Tambrauw), Kobarpapua.com – Guru adalah tenaga pendidik yang profesional. Guru memiliki tugas utama mengajar, mendidik, mengarahkan, membimbing dan mengevaluasi proses pembelajaran satuan pendidikan. Maka guru dituntut terus belajar pengembangkan diri melalui kegiatan-kegiatan profesinya baik dalam lembaga sekolah maupun dilingkungan ia berada.

Demikian ditegaskan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tambrauw, Drs. Thomas Gewab, M.MPd., kepada puluhan guru yang sedang mengikuti kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) di Meridien Hotel pekan lalu. “Kegiatan ini sangat urgen dilakukan Dinas Pendidikan Kabupaten Tambrauw karena merupakan suatu proses peningkatan kualitas guru yang terarah dan sistematis sesuai aturan yang ada dan berguna bagi peningkatan profesi guru itu sendiri,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan.

“Tentu, program utama dan menjadi perhatian Pemda Kabupaten Tambrauw adalah sesuai visi-misi Bupati yakni Pembangunan Sumber Daya Manusia dan mencerdaskan SDM Tambrauw menuju masyarakat yang maju, sejahtera dan mandiri serta bermartabat,” terang Thomas Gewab.

Kesempatan itu, Kepala Bidang Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan ( PMPTK) , Karel Nauw, S.Pd mengatakan kegiatan PKB merupakan salah satu komponen yang harus dilakukan dan harus berdasarkan kebutuhan guru yang bersangkutan untuk meningkatkan kompetensi guru. Tentu berimplikasi pada angka kredit untuk kenaikan pangkat dan jabatan fungsional guru. Pengembangan keprofesionalan berkelanjutan adalah pengembangan diri, publikasi ilmiah dan karya inovatif.

Menurut Kabid PMPTK, tujuan kegiatan PKB untuk meningkatkan komitmen layanan pendidikan di sekolah dalam rangka meningkatkan  mutu pendidikan juga komitmen guru dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai tenaga profesional.

“Manfaat dari kegiatan PKB adalah pertama peserta didik memperoleh jaminan pelayanan dan pengalaman belajar yang efektif. Kedua, bermanfaat bagi guru yakni dapat memenuhi standar mengembangkan kompetensinya sehingga mampu mengerjakan tugas-tugas utama secara efektif sesuai kebutuhan belajar peserta didik untuk menghadapi masa yang akan datang. Ketiga, manfaat bagi sekolah yaitu mampu memberikan pelayanan pendidikan yang lebih baik dan berkualitas bagi peserta didik,” jelas Karel Nauw.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tambrauw juga mengatakan sasaran PKB adalah semua guru pada satuan pendidikan yang berada di lingkungan dinas pendidikan Kabupaten Tambrauw. PKB kali ini khusus jenjang sekolah dasar yaitu guru kelas atas dan guru kelas bawah. Sumber dana yang digunakan dalam kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan adalah DPA Dinas Pendidikan Kabupaten Tambrauw Tahun anggaran 2017.

“Harapan Dinas Pendidikan,  pertama setelah kegiatan ini para guru dapat memberikan pelayanan mutu pendidikan di setiap satuan pendidikan sehingga menghasilkan output yang baik bagi sekolah teristimewa bagi masyarakat dan pemerintah. Kedua, guru tetap terus belajar mengembangkan diri sesuai tuntutan zaman. Ketiga, pendidikan sangat kompleks bukan menjadi tanggung jawab pemerintah saja sebagai penata pembangunan tetapi semua stakeholder baik masyarakat, pemangku pendidikan dan pemangku kepentingan, ” jelas Kabid PMPTK. (Laurent R/KPC)

TINGGALKAN KOMENTAR

Isikan komentar Anda disini
Isikan nama Anda disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.