DPRD Menyetujui R-APBD Kabupaten Tambrauw 2018

0
249
Penyerahan Dokumen R-APBD Kabupaten Tambrauw / Insert Photo : Laurent R

Sausapor (Tambrauw), Kobarpapua.com – Para Wakil Rakyat terhormat di Kabupaten Tambrauw Provinsi Papua Barat, akhirnya menerima dan menyetujui R-APBD Kabupaten Tambrauw Tahun Anggaran 2018 dan Raperda lainnya menjadi peraturan daerah oleh  DPRD Kabupaten Tambrauw dalam sidang paripurna V yang berlangsung selama dua hari di Ruang Sidang DPRD Kabupaten Tambrauw pekan lalu.

Ketua DPRD, Cosmas Baru dalam sambutannya menyebutkan berbagai keberhasilan yang telah diraih Bupati, Gabriel Asem, SE.MSi dan Wakil Bupati Mesak Metusala Yekwam, SH dalam masa jabatan sebelumnya menjadi acuan untuk membawa Kabupaten Tambrauw menjadi kabupaten yang sejahtera, mandiri dan bermartabat.

Ada sejumlah hal yang telah diraih Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tambrauw antara lain pertama merubah Undang-undang no 56 tahun 2008 menjadi Undang-undang no 14 tahun 2013 tentang penggabungan wilayah 4 distrik di Kabupaten Manokwari dan 1 distrik di Kabupaten Sorong. Kedua penyelesaian konflik tapal batas dengan kabupaten-kabupaten terdekat, ketiga, mendapat WTP, empat, adanya pembangunan jalan dan jembatan, penyediaan berbagai jaringan telkomsel di berbagai distrik, adanya jaringan penerbangan dan air bersih.

“Semua keberhasilan ini terwujud dengan baik karena adanya kerja sama pihak eksekutif dengan legislatif sebagai mitra yang terus menerus mengawal visi dan misi,” akunya dalam sambutan penutup sidang paripurna V dalan rangka pembahasan R-APBD tahun anggaran 2018 dan raperda lainnya.

Ketua DPRD menyadari bahwa walaupun kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati di periode pertama sudah banyak mendapat berbagai keberhasilan di segala bidang namun ada beberapa hal yang mestinya terus menjadi perhatian mereka yakni menyangkut kualitas SDM Kabupaten Tambrauw masih sangat minim.

Karena itu, Ketua DPRD menyarankan kepada Bupati, Wakil dan seluruh Kepala OPD agar di tahun 2018 bisa mengatasi keterbatasan SDM melalui peningkatan kualitas pendidikan, merencanakan pola pendidikan berpola asrama.

Berkaitan dengan materi sidang yang telah disetujui sebut Cosmas bahwa DPRD melalui Badan Anggaran Dewan telah melakukan penyempurnakan dan penyesuaian tentang R-APBD Tahun Anggaran 2018.

“Berkaitan dengan catatan dan koreksi dari dewan soal R-APBD diharapkan agar pihak eksekutif hendaknya menjadikan itu sebagai acuan dalam menyelenggarakan roda pemerintahan di tahun 2018 nanti,” harapnya sambil menegaskan kepada seluruh OPD sebagai pengguna anggaran agar di tahun 2018 ini bekerja dengan cermat, tepat dan cepat.

Sementara itu Bupati Tambrauw dalam sambutannya mengaku bangga atas kerja keras yang telah dilakukan oleh selurub anggota dewan dalam membahas dan menkaji R-APBD Tahun Anggaran 2018 dan raperda lainnya secara baik.

“Rapat paripurna ini telah menetapkan program dewan tentang persetujuan DPRD Kabupaten Tambrauw terhadap rapeda R-APBD Kabupaten Tambrauw Tahun 2018,” sebutnya.

Keputusan DPRD tersebut, lanjutnya menunjukan hasil kinerja lembaga ini dalam melaksanakan fungsi legislatif secara baik dan bertanggung jawab.

Karena itu Bupati Tambrauw pada moment yang sama atas nama pihak eksekutif menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pimpinan dan anggota dewan yang telah bekerja keras sehingga R-APBD dan raperda lainnya ditetapkan sebagai raperda. Catatan dan berbagai koreksi akan menjadi perhatian pimpinan Pemda Tambrauw dan seluruh Kepala OPD demi terwujudnya Kabupaten Tambrauw yang mandiri sejahtera dan bermartabat.

Sebagai pengguna anggaran Bupati Tambrauw berharap kepada seluruh Kepala OPD untuk meningkatkan optimalisasi pengelolaan keuangan daerah secara baik supaya opini WTP terap dipertahankan. (Laurent R/KPC)

TINGGALKAN KOMENTAR

Isikan komentar Anda disini
Isikan nama Anda disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.