Dosen dan Mahasiswa UNIBILI Lakukan Penelitian dan Pengamatan

0
235
Mahasiswa UNIBILI Progdi PGSD

Sorong, Kobarpapua.com – Puluhan Mahasiswa-Mahasiswi Universitas Nani Bili Nusantara (Unibili) Sorong, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar ( PGSD) di Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat mulai mengadakan penelitian dan pengamatan di sejumlah Sekolah Dasar. Sasaran penelitian dan pengamatan di sejumlah sekolah dasar sesuai tema yang diangkat Wakil Rektor I Unibili, Aris Kusmiran, MM yakni “Pengaruh Tingkat Pendidikan Orangtua Terhadap Prestasi Belajar Anak Pada Usia Sekolah Dasar”.

Beberapa Unsur metodologi yang dipakai untuk penelitian itu seperti metode interpretasi, deduksi-induksi, koherensi intern, holistik, kesenambungan historis, idealisasi dan komparasi dan beberapa unsur metodologi lainnya. Selain itu ada beberapa metode pengamatan yang dipakai seperti metode deduksi-induksi, metode analisis-sintesis, metode kualitatif-kuantitatif dengan teknik penelitian dan pengamatan yang tepat.

Wakil Rektor I Universitas Nani Bili Nusantara Sorong, Aris Kusmiran, MM.

Demikian dikatakan Wakil Rektor I Universitas Nani Bili Nusantara Sorong kepada media Kobarpapua di Kampus Unibili kemarin. Menurutnya, sejak awal Mahasiswa Semester I sudah wajib melakuka penelitian untuk meningkatkan kemampuan ilmiahnya. “Yang melakukan penelitian adalah mahasiswa semester I didampingi dosen pengajar,”terang Aris Kusmiran, MM.

Menurut Aris Kusmiran, perlunya penelitian dini agar calon-calon Guru dari Prodi PGSD sudah mulai berpikir ilmiah dan mencintai profesi Guru. “Mereka kami sebarkan di beberapa sekolah dasar sebagai pengamat,”terangnya. Pasalnya, selama ini, banyak yang tidak mengenal guru. Pada hal Guru merupakan orang yang sangat berperan dalam mendidik.

“Maka sudah saatnya, mahasiswa PGSD mengadakan pengamatan penelitian secara baik, benar dan bertanggung jawab,”tegasnya.

Universitas Nani Bili Nusantara Sorong mengadakan penelitian ilmiah di beberapa bidang pendidikan sesuai program studi. Sebab, Lembaga Pendidika  TInggi ini diarahkan untuk menjadikan Perguruan Tinggi sebagai pusat pengembangan ilmu pengetahuan, Teknologi serta pusat kegiatan penelitian sesuai dengan kebutuhan pembangunan masa sekarang dan akan datang.

Menurut Wakil Rektor I, mendidik mahasiswa PGSD yang meneliti ini  agar mampu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, berjiwa penuh pengabdian serta memiliki rasa tanggung jawab besar terhadap bangsa dan negara Indonesia.

Sedangkan bagi Dosen penting Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat pada umumnya bertujuan membentuk manusia susila yang berjiwa Pancasila, menyiapkan tenaga yang cakap dan melakukàn penelitian untuk kemajuan ilmu pengetahuan, Kebudayaan dan kehidupan masyarakat.

Lebih lanjut kata Warek I, Peranan pendidikan dalam kehidupan manusia terlebih di zaman modern dikenal dengan abad cybernetika, pendidikan diakui sebagai suatu kekuatan (education of power). Maka Sekolah merupakan lembaga pendidikan yang penting setelah keluarga. Sekolah berfungsi membantu keluarga untuk mendidik anak-anak. Guru sebagai pendidik bertanggungjawab penuh dan menjadi contoh serta teladan bagi anak didik. Seorang guru dituntut  memiliki kepribadian yang utuh sebagai persyaratan seseorang menjadi guru antara lain taqwa kepada Allah, berilmu pengetahuan sesuai profesi, sehat jasmani-rohani, berkelakuan baik, mencintai tugas sebagai guru, adil, sabar, iklas pemaaf, dapat bekerjasama dengan orang lain.

Menurut Aris, pendidikan dalam keluarga memberikan ciri dan watak tersendiri serta rasa tanggung jawab orangtua terhadap anak. Maka jelas kita menginginkan dunia ini menjadi tempat lebih baik untuk persiapan masa depan bangsa. “Hasil penelitian dijadikan laporan untuk diseminarkan oleh mahasiwa dan dosen. Harapan saya sebagai Peneliti Utama,tentu penelitian ini diharapkan berguna bagi mahasiswa PGSD semester 1 sehingga mereka mengetahui secara detail latar belakang siswa SD, peran orangtua sehingga memudahkan calon Guru dalam metode pembelajarannya pada masa yang akan datang,”terang Wakil Rektor Unibili Nusantara Sorong. (Laurent R)

TINGGALKAN KOMENTAR

Isikan komentar Anda disini
Isikan nama Anda disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.