Dominggus Mandacan : “Kepala Daerah Segera Tuntaskan Tapal Batas”

0
364
Pelantikan 3 kepala Daerah Sorong Raya oleh Guberbur Papua Barat, Insert Photo : resum/edi

Kobarpapua.com, Manokwari – Gubernur Provinsi Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan mengatakan untuk 7 kepala daerah di Papua Barat dapat segera menyelesaikan wilayah tapal batas antara provinsi, kabupaten/kota di provinsi Papua Barat

“Selesai pelantikan Walikota dan Bupati agenda utama yang harus diselesaikan adalah  wilayah tapal batas,”kata Dominggus saat memberikan sambutan acara pelantikan di Aula PKK Provinsi Papua Barat, Selasa (22/8/2017).

Ia ( Dominggus Mandacan ) menuturkan, wilayah tapal batas diharapkan adalah memiliki salah satu kepastian hukum yang jelas,  juga dengan adat sehingga tidak ada persoalan dikemudian hari.

Sementara itu, Kabag Pemerintahan Umum Biro Pemerintahan Setda Papua Barat, Baesara Wael mengatakan menindaklanjuti hasil pertemuan waktu di Aston sebelumnya, segera digelar pertemuan 25 Agustus 2017 mendatang, dimana diagendakan pertemuan dengan Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) RI di Jakarta.

“Karena lebih mengerucut lagi, rancangan Peraturan Mentri (Permen), makanya kita diundang ke sana baik Provinsi Papua Barat, Kabupaten Maybrat, Tambrauw, Pengunungan Arfak, Manokwari dan Manokwari Selatan”, katanya.

Ia menuturkan, rancangan PERMEN sudah ada cuma mau dipastikan saja, hasil rapat disini dimana perubahan disetujui sudah atau belum. Hal ini langsung di fasiltasi oleh Mendagri.

Baesara berharap, setiap kabupaten harus datang membawa hasil kesepakatan kemarin bersama yang dibahas Gubernur Provinsi Papua Barat.

“Setelah ada penetapan Permendagri bisa melakukukan patok batas wilayah sudah disepakati berdasarkan penetapan rupah bumi di setiap kabupaten masing-masing,”ujarnya.

Ia menjelaskan, tahun 2017 kami terus berkomitmen untuk menyelesaikan wilayah tapal batas 6 daerah di setiap Kabupaten berada di Papua Barat. Dia mengakui penyelesaian tapal batas tidak sekaligus selesai karena setiap daerah memiliki karateristik wilayah yang berbeda-beda.

Daerah di sepakati adalah kabupatem Teluk Bintuni, Teluk Wondama, Manokwari Selatan, Pengunungan Arfak,Mybart dan Tambrauw diharapkan adalah 2017 bisa diselesaikan secepat mungkin.

“Tahun 2018 direncanakan daerah yang berada di Sorong Raya – Papua Barat yakni, Kota Sorong, Kabupaten Sorong, Kabupaten Raja Ampat, Kabupaten maybrat, kabupaten Tambrauw  dan kabupaten Sorong Selatan,”tandasnya. (resum/edi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Isikan komentar Anda disini
Isikan nama Anda disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.