Demi Pelayanan Masyarakat, Palang Adat Kantor Kelurahan Klamalu Dibuka

0
74
Prosesi Pembukaan Palang Adat Kantor Kelurahan Klamalu, Distrik Mariat Kabupaten Sorong, Rabu (9/5)

Kobarpapua.com, Aimas (Kabsor) – Bertempat di Kantor Kelurahan Klamalu, Distrik Mariat Rabu (09/05), Wakil Bupati Sorong, Suka Harjono. S.Sos., M.Si  dengan Kapolres Sorong mendampingi Lurah Klamalu Wilhelmina Kaikatui, S.STP bertemu dengan pemilik ulayat Soleman Suu untuk membuka palang adat di Kantor Lurah Klamalu yang di palang beberapa waktu Lalu.

Menurut Kapolres Sorong, Polres sorong sudah bekerja sesuai SOP yang berlaku dan menurut undang-undang. Pelayanan Publik harus tetap berjalan di Kalurahan Klamalu, sehingga Polres Sorong berupaya agar palang harus dibuka dengan berbagai negoisasi.

Sementara Wakil Bupati Sorong Suka Harjono, S,Sos., M.Si mengatakan seharusnya persoalan tanah adat ditangani oleh pemerintah pusat, sehingga pemerintah daerah hanya bisa memfasilitasi. Wakil bupati juga menambahkan bahwa kantor kelurahan merupakan tempat pelayanan masyarakat sebagai tempat pelayanan public dan palang harus dibuka untuk melancarkan kegiatan administrasi masyarakat.

Setelah melakukan negosiasi akhirnya pemilik hak ulayat, Soleman Suu membuka palang dengan harapan kedepannya Pemerintah dapat memperhatikan budaya kearifan lokal dan hak hak masyarakat adat sehingga dapat diselesaikan dengan baik.

Turut hadir menyaksikan pembukaan palang adat di Kelurahan Klamalu tersebut, Asisten III Setda kabupaten Sorong, kepala Dinas Kesbangpol, Kepala dinas Satpol PP, Kepala bagian pemerintahan Setda Kabupaten Sorong, Kepala Distrik Mariat, Ketua LMA Malamoi dan Pemilik Ulayat Soleman Suu dan pengacaranya. (Erick/hp)

TINGGALKAN KOMENTAR

Isikan komentar Anda disini
Isikan nama Anda disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.