Bupati Tambrauw : Pecat 216 Kepala Kampung Bila Korupsi Dana Desa

0
264
Bupati Gabriel Memberikan Sambutan pada Kegiatan Bursa Inovasi Desa di Tambrauw / Insert Photo : Laurent R

Sausapor (Tambrauw), Kobarpapua.com – Bupati Kabupaten Tambrauw, Provinsi Papua Barat, Gabriel Asem, SE.MSi menegaskan Kementerian Desa PDTT sedang meluncurkan   Program Inovasi Desa (PID). Kabupaten Tambrauw merupakan salah satu daerah di Indonesia yang mendapat perhatian khusus dari Kementrian PDTT. Dana miliaran rupiah mengalir ke desa atau kampung-kampung. Dan ada 216 kampung di Kabupaten Tambrauw mendapat dana tersebut. Jika ada Kepala Kampung yang diduga korupsi dana desa maka saya langsung pecat, proses hukum dan menggantikan Kepala Kampung yang baru.

Demikian pernyataan tegas Bupati Gabriel Asem, SE.MSi kepada para Jurnalis di Tambrauw kemarin. Menurutnya, sikap tegas ini diambilnya mengingat banyak kampung yang mengalami keterbatasan sumber daya manusia tetapi mampu melaksanakan program dari Kementrian. Namun ada kampung yang dianggap mampu tetapi memcoba melakukan penyelewengan dana. “Jika ada temuan, saya pecat di tahun 2018,”tegas Bupati.

Menurut Bupati, selama ini belum ada penyelewengan dana desa di Kabupaten Tambrauw. Meskipun demikian, kata Bupati, pihaknya terus memantau dana tersebut. “Dana desa untuk kesejahteraan warga desa bukan kepala desa atau Kepala Kampung. kekawatiran dana desa yang jumlahnya besar itu akhirnya habis tanpa menghasilkan kemajuan yang berarti sudah menjadi perhatian pemerintah daerah.,” jelad Bupati Tambrauw.

Pemerintah menyediakan tenaga pendamping professional dari mulai Pendamping Lokal Desa (PLD), Pendamping Desa sampai Tenaga Ahli di tingkat pusat.

Peningkatan kualitas SDM juga tentu mendorong warga kampung lebih aktif meningkatkan kualitas pendidikan dan kesehatan dasar dalam penyelenggaraan pembangunan desa.

Koordinator Program Inovasi Desa, Jefry Kareth, SE menerima pengalungan Bunga dari Putri Pariwisata Papua Barat

Pada kesempatan itu, Koordinator Program Inovasi Desa, Provinsi Papua Barat, Jefry Kareth, SE mengatakan Kementrian PDTT telah menyediakan tenaga pendamping. “Tenaga pendamping akan bekerja sesuai petunjuk dari Kementrian. “Kami juga terus menyiapkan tenaga pendamping lokal agar mendorong kampungnya lebih kreatif dan inovatif bekerja sehingga tidak ada penyelewengan dana kampung,”kata Jefry.

“Kami yakin, program inovasi desa,  mendorong kontribusi terhadap pembangunan desa atau kampung sehingga desa atau kampung di  Kabupaten Tambrauw Tanah Papua bisa memenuhi kebutuhan warganya.

“Tentu harapan kami sebagaimana visi-misi Kemendesa, program inovasi desa harus mampu mendorong Kepala Kampung di Kabupaten Tambrauw untuk lebih inovatif dan kreatif.   Dengan demikian, rakyat mampu mandiri dan mendorong pertumbuhan ekonomi kampung untuk mewujudkan kesejahteraan warga kampung seperti Anak-anak Tambrauw bisa sekolah, usaha pertanian, perkebunan,  peternakan mengalami kemajuan, keluarga bisa hidup baik dan sejahtera,”harap Jefry Kareth, SE. (Laurent R/KPC)

TINGGALKAN KOMENTAR

Isikan komentar Anda disini
Isikan nama Anda disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.