Bupati Sorong Buka Pasar Murah Jelang Hari Raya Idul Fitri

0
90

KOBARPAPUA.COM, AIMAS – Kebutuhan pangan masyarakat menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah semakin meningkat, hal ini tidak sejalan dengan ketersediaan bahan pangan untuk dapat memenuhi kebutuhan dimaksud, hal ini yang mendorong Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Sorong menggelar pasar murah, Kamis (7/6/2018) dipusatkan di komplek halaman masjid Al Jabar kampung Maibo, Kabupaten Sorong.

Bupati Sorong, Johny Kamuru mengatakan bahwa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang hari raya keagamaan khususnya Idul Fitri tahun ini, Pemerintah memfasilitasi pemenuhan kebutuhan pangan malalui pasar murah, sehingga masyarakat dapat juga merasakan kebahagiaan di saat Hari Raya, apalagi secara umum menjelang hari raya keagamaan harga bahan pangan mengalami kenaikan dan dikhawatirkan daya beli masyarakat menurun.

“Kegiatan semacam ini kita laksanakan agar dihari raya nanti kebutuhan pangan masyarakat terpenuhi, karena bukan lagi menjadi rahasia jika ada kenaikan harga dan keterbatasan pangan menjelang hari Ray, sehingga diharapkan pasar murah ini menjadi solusi agar kebutuhan pangan keluarga saat Idul Fitri terpenuhi”  kata Johny Kamuru.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Sorong, Martitje Wattimena menjelaskan, dalam pasar murah ini sejumlah kebutuhan pokok masyarakat saat hari raya dijual, dengan harga yang relatif lebih murah dari harga pasaran, perbedaan harga paket bahan pangan ini disubsidi oleh pemerintah, dan telah dijadwalkan setahun dilaksanakan dua kali.

“Ini merupakan tugas kami dari Dinas Ketahanan Pangan yakni menyediakan kebutuhan pangan masyarakat, dan memastikan semua masyarakat memperoleh bahan pangan disaat hari raya, yang kami jual pada pasar murah ini ada beras, tepung, gula, minyak goreng, mentega, susu dengan harga pasaran Rp. 200 ribuan dan kami jual hanya seharga Rp. 143 ribu selisih harga jual itulah subsidi dari pemerintah Kabupaten Sorong” jelas Maritje Wattimena.

Dalam satu paket yang seharga Rp. 143.000 ditawarkan di pasar murah, yakni Beras Premium 10 kilogram dengan harga Rp. 100.000, Gulaku Rp. 10.000 perkilo, Minyak Goreng Rp. 8.000 perliter, tepung terigu Rp. 5.000 perkilo, Mentega Palmia Rp. 16.500 perkilo, dan Susu Rp. 3.500 per-kaleng. (Erick/Hp)

TINGGALKAN KOMENTAR

Isikan komentar Anda disini
Isikan nama Anda disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.