PLN Tambah 5 Unit Mesin, Perkuat Sistem Kelistrikan Waisai

0
110
Manajer PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Waisai, Frits Martin Rahakbauw

KOBARPAPUA.COM, WAISAI – PT. PLN (persero) Unit Layanan Pelanggan (ULP) Waisai berupaya meningkatkan keandalan sistem kelistrikan di Waisai, Kabupaten Raja Ampat – Papua Barat. Hal tersebut disampaikan Manajer PLN ULP Waisai, Frits Martin Rahakbauw, kepada awak media diruang kerjanya belum lama ini.

Dijelaskannya, bahwa penambahan lima unit mesin ini masing-masing berkapasitas 900 KW, mesin tersebut adalah milik PT. Putera Persada Perkasa, yang disewakan kepada PLN ULP Waisai, sementara ini masih dalam tahap pemasangan tinggal konseling tes, kalau dipercepat diperkirakan dalam minggu kedepan sudah bisa di coba untuk konseling tes dan sudah bisa masuk dalam sistem di Waisai.

“Mengingat beban kita semakin hari semakin naik, dengan adanya bertumbuhan pelanggan, sehingga kita PLN mengalami Defisit, dimana untuk menjawab kebutuhan dan pertumbuhan kelistrikan pelanggan sehingga didatangkan penambahan lima mesin tersebut,” jelasnya

Menurutnya, penambahan lima mesin yang digunakan masing-masing per unit dengan daya sistem 900 KW, maka total daya kelima mesin ini adalah 4.500 KW atau 4,5 MW, sedangkan beban kita PLN Waisai sendiri dengan daya mampu yang ada hanya 2.150 KW atau 2,150 MW.

“Beban puncak kita di malam hari di Waisai sendiri sudah mencapai 2.300 KW atau 2,3 MW, sehingga defisit kita pada beban malam yaitu mencapi 150 KW, dengan masuknya lima mesin ini maka kita memiliki tambahan daya 4.500 KW dengan jumlah total daya kita 6.650 KW, otomatis dengan hanya menjawab beban daya yang dikeluarkan 2.300 KW, maka kita masih memiliki surplus daya listrik 4.350 KW berarti kita masih memiliki ketersediaan daya sebesar 4,35 MW daya untuk kebutuhan masyarakat diWaisai ini,” katanya

Frits menerangkan , penambahan lima mesin ini khusus untuk melayani pelanggan di Waisai Kota sampai di jaringan ujung luar kota ada di Mansapur dan perumahan 300. Untuk sementara kita sudah pasang kurang lebih 6 KMS lokasinya antara lain dari Mansapur sampai ke AFU Resort jaringannya ada di Gurara.

“Namun sampai saat ini kita belum mengoperasikan mengingat keterbatasan daya, tetapi dengan tambahan masuknya lima unit mesin ini dan sudah terpasang, maka jaringan kita akan operasikan, untuk perakitan lima mesin ini sudah mencapai 70 persen keseluruhannya saat ini, “bebernya

Sementara itu, ia menambahkan pada dasarnya kerjasama 5 unit mesin milik PT. Putera Persada Perkasa ini dengan kami PLN ULP Waisai prosesnya adalah membeli KWH produksinya dengan kontrak bahwa perusahaan tersebut mengoperasikan sebesar 2000 KW.

“Namun karena terpasangnya sudah mencapai 4.500 KW berarti otomatis perusahaan tersebut masih punya sper 2.500 KW, tapi kontrak kita tetap 2000 KW, berarti operasi perusahaan tersebut tetap 2000 KW, ” ungkapnya.

Sehingga yang kita bayarkan kepada Perusaahaan tersebut hanya KWH yang mereka bangkitkan, jadi hitungannya itu kita hanya membeli KWH yang dioperasikannya dengan membeli bahan bakar untuk dioperasikan.

“Pemasangan mesin sampai dengan jaringan dan maintenance (perawatan) itu semua ditanggung oleh penyedia, PLN sendiri hanya menanggung bahan bakar,  ” tutupnya. @DJ

TINGGALKAN KOMENTAR

Isikan komentar Anda disini
Isikan nama Anda disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.