Maju Caleg, Yoseph Bifel Wakili Pers dan Flobamora

0
251
Yoseph Bifel,SP caleg DPRD Kota Sorong

KOBARPAPUA.COM, SORONG –  Pemilu legislative (Pileg) 2019 akan menjadi sebuah perhelatan menarik di Kota Sorong. Masyarakat khususnya yang punya hak pilih, akan disuguhkan dengan ragam pertarungan politik oleh para kontestan (caleg) yang maju di kota maupun di provinsi. Dari daftar calon tetap (DCT) yang diumumkan KPU Kota Sorong, terlihat calon-calon legislative yang didominasi wajah baru.

Hal ini wajar-wajar saja, karena undang-undang menjamin setiap warga Negaranya untuk memilih dan dipilih. Dari ratusan orang yang maju sebagai caleg DPRD  Kota Sorong maupun DPRD Provinsi tampak beberapa dari kalangan Pers atau wartawan. Salah satunya Yoseph Bifel,SP caleg DPRD Kota Sorong dari partai PKPI. Ditemui di sela-sela kesibukannya,  lelaki kelahiran Kefamenanu NTT itu menjelaskan secara gamlang soal keikutsertaannya dalam kompetisi pemilu legislative 2019.

“Awalnya saya tidak terpikirkan untuk masuk dalam dunia politik, tetapi ada dorongan beberapa rekan wartawan dan  juga dari masyarakat Timor- Flobamora untuk maju caleg di 2019. Pergumulan kami untuk maju caleg ini  sudah sejak tahun 2016 silam,”jelas Yosep panggilan akrabnya.  Dikatakan Yosep, bahwa adanya dorongan masyarakat tersebut pasti disertai dengan harapan-harapan untuk diperjuangkan di lembaga legislative .

“Mereka mendorong seseorang maju (caleg) tentu mereka melihat  dari kapasitas intelektual, track record (rekam jejak) dan kepedulian.  Biasanya bagi pemilih rasional sebelum menjatuhkan pilihan pasti dia melihat tiga hal ini,”tuturnya.  Menurut caleg PKPI nomor urut 3 dari Dapil 2  ini, masyarakat yang menitipkan harapan-harapannya adalah sebuah amanah yang harus diperjuangkan.

“Saya sudah 14 tahun (2004-2018) menjadi wartawan di Sorong Raya ini ,mengenal banyak orang dengan berbagai latarbelakang. Sebagai seorang wartawan kami tentu tahu kondisi riil kota Sorong, permasalahan yang dialami masyarakat. Nah, bilamana rakyat Kota Sorong khususnya yang tinggal di dapil 2 memberikan amanah kepada saya, saya pasti memperjuangkannya . saya akan bertanggung jawab atas amanah tersebut.,”tegas dia. (Hp)

Profil : 

YOSEPH BIFEL

CALON LEGISLATIF DPRD KOTA SORONG PERIODE 2019-2024

Dapil 2 ; Distrik Klaurung, Sorong Utara, Malaimsimsa

 DATA DIRI:

Nama Lengkap                  : YOSEPH BIFEL

Nama Panggilan                 : YOSEP BIFEL

Jenis Kelamin                          : Laki-laki

Tempat dan Tanggal Lahir         : Kefamenanu, 19 Maret 1973

Golongan Darah                        : (O)

Agama                                     : Katolik

Pendidikan Terakhir                : Sarjana (S1)

Kewarganegaraan                  : Indonesia

Suku/Etnis                               : Timor,NTT

Status Kawin                            : Menikah

Nama Istri                               : NOVITA CAMELIA LAHOPE

Nama Anak                             :

  1. YUSTINA ADVENTINA BIFEL (SD Katolik Wilibrodus II Kota Sorong)
  2. BERGITHA AGUILERA BIFEL (SD Inpres 50 Malaingkedi Kota Sorong)
  3. GREGORIUS JUAN DIEGO BIFEL ( belum sekolah)

Nama Orang Tua                    :

Ayah                : GABRIEL BIFEL

Ibu                   : BERTHA HAEKASE

Alamat Rumah : Jalan Sungai Mamberamo Km 10 Masuk (Kolam Buaya atas- Lorong pemancar telkomsel) Kelurahan Matalamagi, Distrik Sorong Utara, Kota Sorong –Papua Barat.

RIWAYAT PENDIDIKAN :

(1995-2000)                            :Strata satu (S1), Jurusan: Sosial Ekonomi pada Universitas Wijaya Putra Surabaya (UWPS), Jawa Timur.

(1992-1995)                            :SPP-SUPM Negeri Blambangan Banyuwangi, Jawa Timur.

( 1989-1992)                           : SMP Katolik Gita Surya Eban, Kefamenanu-NTT

(1983-1989)                            : SD Katolik Noeltoko, Kefamenanu-NTT.

KURSUS/ DIKLAT YANG PERNAH DIIKUTI:

  • Mengikuti Kursus Komputer di Aloysius Komputer Sorong, Papua Barat tahun 2004.
  • Mengikuti Pelatihan Jurnalistik yang diselenggarakan oleh BP Migas dan BP Indonesia. Manokwari , 03-04 September 2007.
  • Mengikuti Pelatihan Wartawan Media Cetak Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat, diselenggarakan oleh Bank Dunia dan LSM Sofei di Numbay Hotel, Jayapura, Papua, 22-25 April 2009.
  • Mengikuti Workshop dan Pelatihan Wartawan Indonesia. Diselenggarakan oleh SKK Migas di Hotel Ibis, Jakarta pada 12-13 Juni 2012.
  • Mengikuti Workshop Wartawan Maluku, Maluku Utara, Papua , Papua Barat dan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) tingkat Madya (Redaktur/Editor). Diselenggarakan oleh DEWAN PERS di Luxio Hotel Kota Sorong, Papua Barat , 24-25 Juni 2014.

PENGALAMAN ORGANISASI :

  • Wakil Sekretaris Ikatan Keluarga Flobamora-NTT Kota dan Kabupaten Sorong, Papua Barat periode 2010-2014.
  • Sekretaris Ikatan Keluarga Bi’inmafo-TTU Kota dan Kabupaten Sorong periode 2014-2017, periode 2017-2020.
  • Sekretaris Ikatan Keluarga Timor (KUPANG- SOE- KEFA) Sorong Raya periode 2017-2020.
  • Pengurus PWI Sorong Raya periode 2016-2019.

 RIWAYAT PEKERJAAN :

 

  • Dosen Universitas Timor (UNIMOR), Kefa-NTT tahun 2001-2003.
  • Wartawan/Redaktur Harian Umum Fajar Papua, Sorong tahun 2004-2012.
  • Dosen pada Jurusan Penyiaran Islam di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sorong (Konsentrasi Mata kuliah Jurnalistik Media Massa Cetak dan Elektronik) tahun 2010-2014).
  • Wartawan/Redaktur Harian Pagi Papua Barat Pos, Sorong tahun 2012-2016.
  • Pemimpin Redaksi Harian Pagi Kobar Papua (media cetak) Sorong, tahun 2016.
  • Pemimpin Redaksi Kobarpapua.com (media online) 2017.
  • Pemimpin Redaksi Majalah Kla Swo Foos (Media Klasis GKI Sorong) tahun 2014-2017.
  • Dipercayakan oleh Pengurus PBNU Kabupaten Sorong sebagai Narasumber/ Pemberi Materi pada Workshop Taining para Petani Binaan PBNU Kabupaten Sorong. Membawakan materi : STRATEGI PEMASARAN PRODUK PERTANIAN MELALUI MEDIA MASSA. Restoran Aquarius Aimas Kabupaten Sorong, Juli 2015.
  • Dipercayakan oleh PMKRI Cabang Sorong sebagai Narasumber/Pemberi Materi pada Latihan Kepemimpinan Kader PMKRI Sorong. Membawakan materi : PENULISAN JURNALISTIK, ADITASI DAN PROPAGANDA ISU. Aula SMA YPK 2 Remu Kota Sorong, Papua Barat, 27-30 September 2017.

 TANDA PENGHARGAAN:

  • Piagam Penghargaan Universitas Wijaya Putra Surabaya tahun 2000
  • Piagam Penghargaan LSM SOFEI, Jayapura tahun 2009
  • Piagam Penghargaan SKK Migas, Jakarta tahun 2014
  • Piagam Lembaga Pers Dr.Soetomo, Jakarta 2014

RIWAYAT PERJUANGAN :

 

  • Tim Pemenangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Barat Abraham O Atururi dan  Rahimin  Katjong (Bram-Katjong) 2011-2016.
  • Sekretaris Tim Nusa Kenari Sorong  untuk Pemenangan DOAMU (Dominggus Mandacan-Muhammad Lakotani: Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Barat sekarang) pada Pilkada Gubernur Papua Barat periode 2016-2021.

RIWAYAT PENULISAN ILMIAH:

  1. Skripsi S1 Universitas Wijaya Putra Surabaya. Judul Penulisan: STRATEGI PEMASARAN GLOBAL PRODUK PERTANIAN DESA BANARAN, KABUPATEN LAMONGAN, JAWA TIMUR.
  2. Bersama Kawan-kawan menulis Buku DPRD Tambrauw. Judul Buku: REKAM JEJAK DAN KIPRAH DPRD TAMBRAUW PERIODE 2009-2014, cetakan pertama tahun 2011.
  3. Sekretaris Tim Penulis Buku Klasis GKI Sorong. Judul Buku : DALAM ANUGERAH-NYA; Evaluasi Perjalanan Lima Tahun (2012-2016) GKI Klasis Sorong,cetakan pertama tahun 2017.

TINGGALKAN KOMENTAR

Isikan komentar Anda disini
Isikan nama Anda disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.