Hari Terakhir Registrasi, Kominfo Ajak Masyarakat Segera Daftarkan SIM Card

0
23

Kobarpapua.com, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) kembali mengingatkan bahwa hari ini, Rabu (28/2) adalah hari terakhir melakukan registrasi sim card. Jika tidak dilakukan hingga pukul 20.00 WIB, maka sim card tersebut tidak bisa digunakan untuk menelpon. Namun, sim card itu hanya bisa menerima telpon dari orang lain.

“Hari ini terakhir (registrasi sim card), apabila hari ini tidak didaftarkan maka tidak bisa menelpon tapi tidak bisa menelpon. SMS masih bisa untuk mendaftarkan kartunya. Tenggang waktunya sampai jam 12 nanti malam,” kata Dirjen Aptika Kemenkominfo Samuel Abrijani Pengerapan dalam diskusi Ikatan Wartawan Online (IWO) dengan topik ‘Media di Antara Pusaran Pilkada dan Hoaks’ di Asrama PKBI, di Kebayoran Baru Jakarta Selatan, Rabu (28/2).

Ia menegaskan bahwa masyarakat tidak perlu khawatir dengan data pribadi yang disalahgunakan. Sebab, kemenkominfo akan tetap menjaga kerahasiaan data pribadi pengguna sim card tersebut dan perlindungan data pribadi tersebut telah diatur dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 20 Tahun 2017.

“Penyimpanan data pribadi itu dilindungi oleh UU. Saat ini kita punya aturan yang namanya Peraturan Menteri Nomor 20 Tahun 2017,” ujarnya.

Ia mengatakan, orang yang menyimpan data pribadi tersebut tidak bisa seenaknya disebarkan. Jika ada yang menyebarkan secara sengaja, kata dia, maka rakyat bisa menuntut kepada pihak yang menyebarkan tersebut.

“Rakyat bisa menuntut apabila terjadi ada pelanggaran ada kesengajaan menjual  itu bisa dituntut” katanya.

Oleh karena itu, ia meminta kepada masyarakat untuk tidak khawatir dengan penyalahgunaan data pribadi tersebut.

Sementara itu, target Kemenkominfo bagi masyarakat yang melakukan registrasi Sim Card sudah lebih. Saat ini kata dia, yang telah mendaftar lebih dari 300 juta sim card. Sedangkan jumlah penduduk Indonesia hanya 260 juta jiwa. “Target sudah melebihi,” pungkasnya. (RED/KP)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Isikan komentar Anda disini
Isikan nama Anda disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.