Atasi Persoalan Sampah, Pemkab Sorong Resmikan TPA dan Pengolahan Sampah

0
51
Peresmian TPA dan Pengolahan Sampah KM. 34 Kabupaten Sorong dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Sorong, Suko Hardjono, S,Sos, M.Si yang di tandai dengan pemukulan Tifa / Insert Photo : Erick T

Kobarpapua.com, Aimas (Kabsor) –  Setelah direncanakan sejak lama, akhirnya Pemkab Sorong  meresmikan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Km 34 Kampung Mariat Gunung, Distrik Aimas – Kabupaten Sorong, Jumat (11/5).

Peresmian TPA dilakukan Wakil Bupati Sorong, Suka Hardjono, S.Sos, M.Si dan dihadiri Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Hendrik Momot, ST, M.Sc,  Kepala Dinas Parawisata, M.L. Malagam, S.Sos. M.Si, Kepala Dinas Pendidikan, F. Kalasuat,S. Pd, M. Pd. Kepala Kesbangpol, Adri B. Timban, SH, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Ir. Septer Kawab, Plt. Kepala DISPENDA, Oktovianus Kalasuat SH. M.Si,  Plt. BKDD Yahya Sulfan, Kepala Dinas PU, Sukadi, BA dan  Perwakilan Kapolsek Aimas.

Sesaat setelah diresmikan (TPA) sampah yang terletak di di Kilometer 34, Wakil Bupati Kabupaten Sorong Suka Harjono, S.Sos. M.Si mengatakan menangani sampah memang persoalan yang tidak mudah.

Pemerintah Kabupaten Sorong Menerapkan UU Nomor 18 tahun 2008 tentang pengelolaan sampah, seiring dengan semakin meningkatnya jumlah penduduk pasti dibarengi produksi sampah yang semakin meningkat, ungkap Wakil Bupati Sorong.

“Saat ini kabupaten sorong belum terlalu mendapatkan dampak yang segnifikan, tetapi lambat laun akan mengalami dampak yang semakin besar”, tambah Suka Hardjono.

Lanjut Wakil Bupati Suka Hardjono, kehadiran TPA diharapkan tidak ada dampak terhadap permasalahan yang akan datang, kita juga harus berpikir kalau bisa sampah  kita kelola untuk bermanfaat bagi masyarakat,seperti  sampah diolah menjadi pupuk, bahkan bisa menjadi gas.

Wakil Bupati Sorong, meminta kepada OPD terkait terutama Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman  agar segera mensosialisasi kepada masyarakat  bekerja sama dengan Distrik, Kelurahan bahkan dengan RT/RW.  Sehingga kesadaran masyarakat dalam membuang sampah selalu buang pada tempatnya.

“OPD terkait kalau bisa tentukan jadwal waktu pembuangan sampah kepada masyarakat, supaya masyarakat tahu jam berapa mobil angkutan sampah akan lewat mengambil sampah-sampah perumahan”, terang wakil Bupati Suka Hardjono. (Erick/Hp)

TINGGALKAN KOMENTAR

Isikan komentar Anda disini
Isikan nama Anda disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.